PKKMB Universitas Bangka Belitung
PKKMB Universitas Bangka Belitung ( Sonorabangka.id/ Yudi)

Kenalkan Atmosfer Kampus, UBB Gelar PKKMB Bagi 1973 Mahasiswa Baru

14 Agustus 2023 23:19 WIB

SONORABANGKA.IDUniversitas Bangka Belitung (UBB) membuka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) sekaligus memberikan arahan kepada mahasiswa baru UBB, Tahun Akademik 2023-2024, di GOR Sahabuddin, Pangkalpinang, Senin (14/8/2023).

Dalam kesempatan ini, Rektor UBB, Ibrahim mengungkapkan, tujuan dari PKKMB ini membuat mereka lebih mengenali atmosfer akademik di Perguruan Tinggi (PT) itu seperti apa, karena berbeda antara PT dengan SMA.

"Disini mereka belajar struktur yang lebih adaptip, lalu kemudian kita memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru bagaimana cara belajar, menghitung SKLSP di Perguruan Tinggi, jadi dari level ini kita berharap mahasiswa lebih cepat adaptasi dalam proses untuk duduk di bangku kuliah," ujarnya.

Selain itu, melalui kegiatan ini juga UBB memberikan pemahaman umum kepada mahasiswa baru tentang dunia kampus itu, dan apa yang harus dilakukan secara teknis.

"Kita berharap kepada mahasiswa baru UBB tahun akademik 2023-2024, dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik dan belajar dengan sungguh-sungguh dalam meraih pendidikan tinggi," harapnya.

Lebuh lanjut, Rektor Ibrahim mengatakan, untuk jumlah mahasiswa baru yang diterima di UBB tahun akademik 2023-2024, mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni berjumlah 1973 orang.

"Ini adalah kegiatan pertama yang dilaksanakan secara serentak setelah covid -19. Tahun kemarin, kegiatan PKKMB ini dilaksanakan secara offline. Yang pasti, tidak ada kegiatan perploncoan dalam penerimaan mahasiswa baru di UBB," ucapnya.

Dia menyebutkan, kegiatan PPKMB jni akan digelar selama tiga hari, yakni mulai dari tanggal 14 hingga 16 Agustus 2023.

"Hari ini ditingkat Universitas, hari kedua ditingkat fakultas masing-masing, dan hari ketiga di jurusan masing-masing. InsyaAllah cuma tiga hari ini dan kami pastikan tidak ada perploncoan, tidak ada bully, tidak ada persekusi, tidak ada Day yumanisasi, sehingga PKKMB bisa have fun, sehingga tidak ada rasa kekehwatiran di tahun sebelumnya," tuturnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu, menyebut bahwa Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), sangat penting bagi mahasiswa Baru.

Menurut orang nomor satu di Negeri Serumpun Sebalai itu, PKKMB perlu diadakan supaya mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus serta memahami sistem yang akan dihadapi selama perkuliahan, karena, kehidupan di kampus berbeda dengan kehidupan saat berada di bangku sekolah.

"PKKMB merupakan kegiatan untuk melatih kerjasama, mental, sarana membangun relasi dengan teman, senior dan dosen, serta mengenal budaya kampus yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi selama perkuliahan hingga lulus," ujarnya.

Dia berharap, mahasiswa baru UBB tahun akademik 2023-2024, dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik dan belajar dengan sungguh-sungguh dalam meraih pendidikan tinggi. Selain itu, lanjutnya, mahasiswa juga harus aktif dalam menambah pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi digital secara cerdas.

"Semoga rekan-rekan mahasiswa baru UBB tahun akademik 2023-2024 ini nantinya menjadi insan intelektual yang berwawasan global kreatif dan inovatif serta tetap menjunjung tinggi nilai-nilai jati diri dan karakter kebangsaan, karena kalian akan menjadi tumpuan harapan bangsa dan negara," pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm