Ilustrasi polusi udara.(Shutterstock/NadyGinzburg)
Ilustrasi polusi udara.(Shutterstock/NadyGinzburg) ( KOMPAS.COM)

Polusi Udara Memburuk, Ahok Sebut karena Masyarakat Masih Memakai BBM Subsidi

15 Agustus 2023 21:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kualitas udara di sejumlah wilayah Indonesia kian memburuk, terutama kota-kota besar seperti DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, serta Bekasi.

Data dari platform IQAir, pada pekan lalu (7-10 Agustus 2023) mencatat Jakarta sudah menjadi salah satu kota dengan udara terkotor di dunia dengan indeks polusi mencapai 193.

Terkait hal itu, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan, salah satu penyebabnya ialah banyak masyarakat yang masih memakai bahan bakar minyak (BBM) tak sesuai atau kotor untuk kendaraannya.

"Sebetulnya dulu kita cabut Premium, lu (masyarakat) pada teriak. Padahal Premium itu jelas kotor. Pertalite juga tidak sesuai," kata Ahok dalam acara Gaikindo International Automotive Conference di ICE BSD, Tangerang, Selasa (15/8/2023).

Oleh karenanya, Ahok mendorong Pertamina untuk menjual BBM dengan nilai oktan lebih baik, yaitu minimal RON 92 seperti Pertamax.

Berdasarkan pengamatan Ahok, masih banyak masyarakat yang bandel untuk membeli BBM oktan rendah untuk kemudian didistribusikan ke daerah-daerah atau menjualnya secara eceran alias Pertamini.

Padahal saat ini pihak Pertamina sudah melakukan pembatasan pembelian Pertalite dan Solar subsidi pakai MyPertamina.

"Yang jadi masalah sekarang, orang beli bensin Pertalite karena subsidi. Solar subsidi di SPBU dibawa ke kampung. Jadi Pertamini tidak tutup-tutup," ucapnya.

"Pertamini dijual lebih mahal (dari harga eceran Pertamina). Rakyat beli mahal dengan kualitas yang rendah. Kalau kita sekarang dorongnya jual Pertamax. di kota ini. Tetapi semua dipindahin Pertashop ke daerah-daerah," kata Ahok lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polusi Udara Memburuk, Ahok Sebut karena Masyarakat Masih Pakai BBM Subsidi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/15/182747015/polusi-udara-memburuk-ahok-sebut-karena-masyarakat-masih-pakai-bbm-subsidi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm