Bibit Padi Ladang Bangka yang ditanam oleh untuk uji pemurnian oleh Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Padi (BBPSIP) Sukamandi Subang.
Bibit Padi Ladang Bangka yang ditanam oleh untuk uji pemurnian oleh Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Padi (BBPSIP) Sukamandi Subang. ( Istimewa)

Wow, Kabar Gembira! Padi Ladang Bangka Menuju Varietas Unggul

16 Agustus 2023 17:47 WIB

SonoraBangka.id - Dalam rangka melestarikan Sumber Daya Genetik (SDG) Kabupaten Bangka,  Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka berusaha menjaga varietas-varietas lokal yang ada, salah satunya dengan mulai melakukan pelepasan varietas lokal Padi Ladang Bangka.

Rencana Pelepasan Varietas lokal padi ladang di Kabupaten Bangka semakin terlihat kemajuan yang baik Dimulai dari Selasa (15/8/2023) di Kementrian Pertanian dengan dilaksanakannya MoU antara Pemerintah Kabupaten Bangka dengan Badan Standard Instrumentasi Pertanian (BSIP).

Dilanjutkan dengan penandatanganan PKS antara Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka dengan Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Padi (BBPSIP) Sukamandi Subang.  

Varietas Padi Ladang Bangka sangat cocok dengan alam dan kultur tanah di Pulau Bangka maka harus kita kembangkan," kata Syarli Nopriansyah Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Rabu (16/8/2023)

Menurut Syarlk Nopriansyah kegiatan saat ini terkait Padi Ladang Bangka sedang dilakukan uji pemurnian, screening OPT dan pengujian toleransi Al dan kekeringan yang kegiatannya  melibatkan Tim Pemulia dari BBPSIP Sukamandi.

Bibit Padi Ladang Bangka sedang dilakukan tahapan pemurnian bekerjasama dengan Balai Besar Padi. Dimana bibit padi ditanam atau dilepaskan oleh Balai Besar Padi. Kemudian hasilnya akan diuji dalam sejumlah tahapan.

Selanjutnya setelah hasil Pembibitan didapat akan diuji dan ditanam di sejumlah titik di Kabupaten Bangka guna diamati apakah ada kekurangan dan kelebihannya.

"Hasil dari tahapan tahapan uji Padi Ladang Bangka ini nantinya akan disidangkan di Kementerian Pertanian yang akan mengeluarkan sertifikat Padi unggul," kata Syarli Nopriansyah.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Padi Ladang Bangka Menuju Varietas Unggul , https://bangka.tribunnews.com/2023/08/16/padi-ladang-bangka-menuju-varietas-unggul.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm