Ilustrasi bersiap untuk melakukan latihan fisik(iStockphoto/dima_sidelnikov)
Ilustrasi bersiap untuk melakukan latihan fisik(iStockphoto/dima_sidelnikov) ( KOMPAS.COM)

5 Manfaat Melakukan Olahraga dan Latihan Fisik bagi Kesehatan Mental

16 Agustus 2023 21:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Aktivitas seperti latihan fisik dan olahraga memiliki manfaat yang cukup signifikan bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Olahraga dapat meningkatkan kesehatan otak, mengelola berat badan, mengurangi risiko penyakit, hingga memperkuat tulang dan otot.

Melakukan olahraga dan latihan fisik secara teratur adalah salah satu cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda.

Selain mempunyai manfaat bagi kesehatan fisik, olahraga dan latihan fisik juga baik dalam menunjang kesehatan mental.

Dilansir dari laman Pusat Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), manfaat aktivitas fisik terhadap kesehatan otak dapat terjadi tepat setelah sesi aktivitas fisik yang sedang hingga kuat.

Manfaatnya termasuk peningkatan pemikiran atau kognisi untuk anak-anak usia 6 hingga 13 tahun, dan mengurangi perasaan cemas jangka pendek untuk orang dewasa.

Aktivitas fisik secara teratur juga dapat membantu menjaga keterampilan berpikir, belajar, dan mempertajam penilaian Anda seiring bertambahnya usia.

Latihan fisik atau olahraga juga dapat mengurangi risiko depresi dan kecemasan, serta membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Manfaat latihan fisik untuk kesehatan mental

Dilansir dari laman Verywell Mind, berikut adalah beberapa manfaat latihan fisik bagi kesehatan mental:

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm