Jokowi umumkan gaji PNS naik(YouTube KompasTV)
Jokowi umumkan gaji PNS naik(YouTube KompasTV) ( KOMPAS.COM)

Jokowi Pertegas Pemberian Insentif terhadap Kendaraan Listrik untuk Tarik Investor

16 Agustus 2023 21:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali mempertegas bahwa serangkaian kemudahan alias insentif yang diberikan Pemerintah RI terhadap kendaraan bermotor listrik berbasis baterai ialah untuk menstimulus investasi sekaligus merangsang pasar.

Sebab saat ini, hampir seluruh negara mengambil langkah yang sama untuk berlomba-lomba menciptakan ekosistem kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Contohnya, Vietnam, Malaysia, sampai Thailand.

Komitmen Jokowi itu termuat dalam sebuah dokumen yang diunggah oleh Sekretariat Negara melalui laman Setneg.go.id pada Rabu (16/8/2023). Dokumen itu oleh Setneg diberi judul  Pidato Presiden RI pada Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangannya di Depan Rapat Paripurna DPR RI.

"Pemerintah memperkenalkan serangkaian insentif yang diarahkan baik dari sisi supply maupun demand untuk menstimulus investasi dan penggunaan kendaraan listrik oleh masyarakat secara luas," kata Jokowi. 

Jokowi mengatakan, langkah tersebut juga dilakukan untuk memberikan nilai tambah yang tinggi, perluasan kesempatan kerja, dan penggunaan energi yang ramah lingkungan sehingga dapat menurunkan emisi, serta efisiensi subsidi energi.

"Dukungan fiskal telah diberikan berupa insentif perpajakan dan berbagai insentif fiskal lainnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, dukungan pengembangan ekosistem kendaraan listrik tidak hanya dilakukan di Indonesia. Hal tersebut, kata dia, juga dilakukan negara-negara lain di Eropa, Amerika Serikat hingga Tiongkok.

"Pengembangan ekosistem industri KBLBB juga dilakukan di banyak negara seperti di Amerika Serikat, Eropa, Tiongkok, dan beberapa negara tetangga kita seperti Vietnam, Thailand, dan Malaysia," ucap Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Pertegas Pemberian Insentif Kendaraan Listrik untuk Tarik Investor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/16/183100315/jokowi-pertegas-pemberian-insentif-kendaraan-listrik-untuk-tarik-investor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm