Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menghadiri apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta, pada Kamis (17/8/2023) dinihari.(Dok. Sekretariat Presiden )
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menghadiri apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta, pada Kamis (17/8/2023) dinihari.(Dok. Sekretariat Presiden ) ( )

Joko Widodo Memimpin Apel Kehormatan untuk 9.276 Pahlawan Nasional di TMP Kalibata

17 Agustus 2023 07:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden RI Joko Widodo memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta, pada Kamis (17/8/2023) dinihari.

Acara yang digelar tepat pukul 00.00 WIB tersebut adalah bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dilansir siaran pers Sekretariat Presiden, setibanya di lokasi, Kepala Negara bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Lalu, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin terlebih dahulu melakukan penghormatan di Gerbang TMP Kalibata.

Selanjutnya, Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta Ibu Wury Ma'ruf Amin berjalan menuju area upacara dengan didampingi oleh Komandan Komando Garnisun Tetap (Kogartap) I/Jakarta Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Bertindak selaku perwira upacara yaitu Brigjen TNI Arkamelvi Karmani yang menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Adapun komandan upacara yaitu Kolonel Pnb. Frando L.H.

Marpaung yang kini bertugas sebagai Kepala Dinas Operasi Lanud Adisutjipto Yogyakarta. Presiden Jokowi selaku inspektur upacara kemudian memimpin apel kehormatan dan renungan suci.

Pada naskah yang dibacanya, Presiden Jokowi menyatakan penghormatan tertinggi bagi 10.304 pahlawan yang sudah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga untuk membela tanah air dan meneruskan perjuangan.

Presiden Jokowi menyebutkan sebanyak 9.276 pahlawan dari TNI dan Polri, 913 pahlawan dari Badan Perjuangan, 72 pahlawan dari tokoh nasional, dan 43 pahlawan tidak dikenal bersemayam di TMP Kalibata.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang tidak dikenal, baik nama maupun tempatnya, dari seluruh pelosok tanah air.

Kepala Negara juga turut mendoakan agar para pahlawan diberikan tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” kata Jokowi.

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa, semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya,” tambahnya. Setelah itu Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta.

Sedangkan doa bersama dipandu oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Presiden lalu melakukan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan sebelum meninggalkan TMP Kalibata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Pimpin Apel Kehormatan untuk 9.276 Pahlawan Nasional di TMP Kalibata ", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2023/08/17/06231351/jokowi-pimpin-apel-kehormatan-untuk-9276-pahlawan-nasional-di-tmp-kalibata.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm