Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022(BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022(BPMI Setpres/Muchlis Jr) ( )

Upacara 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka Bisa Live Streaming

17 Agustus 2023 08:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia akan digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023). Upacara  dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Inspektur Upacara.

Pada upacara 17 Agustus 2023 kali ini, para tamu undangan dan pejabat yang hadir diwajibkan memakai pakaian nasional (adat daerah). Mengacu Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023, upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI bakal dilaksanakan pada 17 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB di Istana Merdeka, Jakarta.

Pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka akan dilakukan pada pukul 10.17 WIB. Saat pengibaran bendera Merah Putih, seluruh masyarakat di pelosok Indonesia diminta untuk ikut mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

"Pada tanggal 17 Agustus 2023, pukul 10.17 s.d 10.20 WIB, segenap masyarakat Indonesia diimbau menghentikan aktivitasnya sejenak untuk berdiri tegap saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang secara serentak di berbagai lokasi hingga pelosok daerah," bunyi surat edaran tersebut.

Masyarakat dapat menyaksikan langsung upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI secara daring melalui live streaming berikut:

https://youtu.be/G1Ed1N0u6T0

Untuk diketahui, tema peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI 2023 adalah "Terus Melaju untuk Indonesia Maju". Berikut pedoman upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka: Presiden RI akan bertindak selaku Inspektur Upacara.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan Pasukan Kehormatan dari unsur TNI dan Polri, bertugas dengan formasi lengkap. Tamu undangan upacara yaitu dari Pimpinan Lembaga Negara, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Para Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh negara-negara sahabat di Jakarta, dan tamu undangan lainnya, serta masyarakat yang telah mendaftar melalui laman https://www.pandang.istanapresiden.go.id. Pakaian yang dikenakan pada upacara yaitu Pakaian Nasional (Adat Daerah).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "LINK Live Streaming Upacara 17 Agustus 2023 di Istana Merdeka", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2023/08/17/080531265/link-live-streaming-upacara-17-agustus-2023-di-istana-merdeka.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm