Ilustrasi sawut singkong, menu makan tradisional dengan siraman gula merah dan kelapa parut.
Ilustrasi sawut singkong, menu makan tradisional dengan siraman gula merah dan kelapa parut. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Tia Sulaksono)

Tidak Pahit dan Rasanya Lebih Legit, Berikut Resep Sawut Singkong

19 Agustus 2023 13:01 WIB

SonoraBangka.id -  Sawut merupakan jajanan pasar yang bisa kamu temui di daerah Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Sawut biasa terbuat dari parutan singkong yang dikukus kemudian dicampur dengan gula merah dan kelapa parut. Ada cara membuat sawut singkong agar tidak pahit yaitu gunakan singkong putih.

Sebeum diolah rendam dulu singkong selama 15 menit untuk menghilangkan rasa anyir, sehingga rasa manis gula merah bisa meresap. Kamu bisa parut singkong kasar atau lembut sesuai dengan seleramu. Kukus selama 25 menit dengan ikuti resepnya untuk bikin 12 porsi makan. Sawut singkong tidak pahit ini bisa kamu ikuti dari buku "50 Resep Tradisional Nusantara" (2015) oleh Dahrani Putri terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Resep sawut singkong

Bahan

4 buah singkong, kupas, parut

10 buah gula jawa, serut halus

1/2 sdt vanili

2 sdt garam

3 lembar daun pandan

1/2 butir kelapa parut, kukus

Cara membuat sawut singkong

1. Aduk singkong dan gula jawa hingga merata. Masukkan vanili, garam, dan daun pandan.

2. Kukus selama 30 menit atau sampai matang. Sajikan dengan kelapa parut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Sawut Singkong, Tidak Pahit dan Rasanya Lebih Legit ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/18/090300575/resep-sawut-singkong-tidak-pahit-dan-rasanya-lebih-legit-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm