Ilustrasi aplikasi Steam yang kini punya dukungan Bahasa Indonesia
Ilustrasi aplikasi Steam yang kini punya dukungan Bahasa Indonesia ( KOMPAS.com)

Setelah 20 Tahun, Steam Akhirnya Mendukung Bahasa Indonesia

19 Agustus 2023 16:16 WIB

SonoraBangka.ID - Platform distribusi game Steam kini mendukung bahasa Indonesia. Hal ini disampaikan Valve dalam laman informasi pembaruan aplikasi Steam yang dirilis pada Selasa (15/8/2023).

Dalam pengumuman tersebut, Valve mengatakan bahwa mereka telah menambahkan dukungan bahasa Indonesia di aplikasi Steam versi teranyar. 

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2003 atau 20 tahun lalu, Steam memang tidak memiliki opsi bahasa Indonesia. Pilihan bahasa yang tersedia hanya bahasa Inggris, Mandarin, Korea, Turki, beberapa bahasa yang berasal dari sejumlah negara Eropa, dan lain sebagainya.

Dengan dukungan bahasa Indonesia, pengguna Steam di Tanah Air tentunya akan dipermudah untuk menelusuri berbagai menu, serta membeli game di aplikasi distribusi game bikinan Valve tersebut.

Meski demikian, dukungan bahasa Indonesia di Steam saat ini baru menyambangi aplikasi Steam versi beta, bukan versi Steam "reguler" yang biasa dipasang oleh pengguna.

Karena masih dirilis di Steam versi beta, Valve menyediakan wadah bagi para pengguna yang ingin memberikan masukan, utamanya terkait terjemahan bahasa Indonesia yang ada di beberapa elemen menu dan desain aplikasi Steam. 

Sebagaimana dihimpun dari GameIndustryBiz, Jumat (18/8/2023), dukungan bahasa Indonesia di Steam kemungkinan besar akan dirilis di aplikasi Steam reguler dalam beberapa waktu ke depan.

Belum diketahui kapan Steam akan merilis dukungan bahasa Indonesia ini ke aplikasi Steam versi publik. Namun yang jelas, langkah tersebut mungkin akan dilakukan setelah Valve yakin bahasa Indonesia yang digunakan di aplikasi Steam sudah tepat bagus.

Cara mengganti Steam ke versi beta

Nah, pengguna yang tak sabar menjajal dukungan bahasa Indonesia di aplikasi Steam bisa mengganti aplikasi Steam mereka dengan versi beta. 

Cara beralih dari Steam versi reguler ke versi beta bisa dibilang cukup mudah, yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut ini:

  • Buka aplikasi Steam.
  • Pergi ke tampilan pengaturan dengan mengunjungi menu "Steam" > "Settings".
  • Pergi ke menu "Interface".
  • Pilih opsi "Steam Beta Update" di menu "Client Beta Participation". 
  • Restart aplikasi Steam.

Adapun cara mengganti bahasa tampilan Steam ke bahasa Indonesia bisa disimak dalam langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Steam.
  • Pergi ke tampilan pengaturan dengan mengunjungi menu "Steam" > "Settings".
  • Pergi ke menu "Interface".
  • Pilih opsi "Bahasa Indonesia" di menu "Steam Client Language".
  • Restart aplikasi Steam.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah 20 Tahun, Steam Akhirnya Mendukung Bahasa Indonesia", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/08/18/18050027/setelah-20-tahun-steam-akhirnya-mendukung-bahasa-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm