Ilustrasi kolesterol tinggi()
Ilustrasi kolesterol tinggi() ( KOMPAS.COM)

Tanda Terjadinya Kolesterol Tinggi Berupa Benjolan Kuning di Kulit dan Kelopak Mata

20 Agustus 2023 21:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kolesterol tinggi terjadi ketika Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Kolesterol adalah zat seperti lemak dalam darah yang diproduksi secara alami oleh hati. Ia berperan dalam pembentukan sel, produksi hormon, dan pencernaan makanan.

Dikutip dari laman Healthline, ada dua jenis kolesterol, yakni low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, dan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

LDL dapat membuat penumpukan lemak dari zat yang disebut plak di bagian dalam arteri, mempersempitnya dan meningkatkan risiko Anda untuk menderita sejumlah penyakit.

Sedangkan HDL atau kolesterol "sehat", dapat menghilangkan LDL dan membawanya ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh Anda.

Kondisi kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan akumulasi kolesterol berbahaya dan endapan lain di dinding arteri Anda (aterosklerosis).

Penumpukan (plak) tersebut dapat mengurangi aliran darah melalui arteri Anda, yang dapat menyebabkan sejumlah komplikasi, seperti nyeri dada, serangan jantung, dan stroke.

Gejala kolesterol tinggi

Dilansir dari laman British Heart Foundation, biasanya tidak ada gejala khusus untuk kolesterol tinggi. Tetapi jika tidak diobati, dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Ini sering kali merupakan faktor risiko yang bisa terjadi tanpa Anda sadari. Itulah mengapa sangat penting untuk memeriksakan kadar kolesterol Anda.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm