Pebalap Red Bull KTM, Brad Binder, saat berlaga pada MotoGP Perancis 2023.(Dok. @bradbinder)
Pebalap Red Bull KTM, Brad Binder, saat berlaga pada MotoGP Perancis 2023.(Dok. @bradbinder) ( KOMPAS.COM)

Upaya KTM Untuk Turunkan 5 Motor di MotoGP Musim Depan Pupus

22 Agustus 2023 17:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Harapan KTM untuk memiliki lima motor di MotoGP 2024 gagal. Promotor MotoGP, Dorna Sport, tidak mengizinkan KTM untuk menambah jumlah motor pada musim depan.

Hal tersebut diungkap Eksekutif Dorna Sport, Carmelo dan Carlos Ezpeleta, pada Jumat pekan lalu sebelum Sprint Race MotoGP Austria, bahwa KTM tetap cuma mendapat jatah empat pebalap musim depan.

Dengan adanya keputusan ini KTM saat ini harus menyelesaikan masalah internal karena sudah terlanjur akan membawa Pedro Acosta dan menjanjikan akan mendapat lima motor musim depan.

Tim pabrikan Red Bull KTM tetap diisi oleh duet Jack Miller dan Brad Binder. Kemudian Tech3 GASGAS diisi oleh Pol Espargaro, Augusto Fernandez dan Pedro Acosta yang akan naik dari Moto2.

CEO KTM Stefan Pierer mengatakan, solusi paling mudah ialah bakal ada eliminasi. Pebalap harus menunjukkan performa terbaiknya dan yang tidak bisa mengikuti irama tim terpaksa harus hengkang.

“Kami masih memiliki banyak grand prix di depan kami tahun ini. Anda dapat melihat berapa banyak cedera yang terjadi sepanjang waktu. Seperti biasa, akan ada perlombaan eliminasi. Kami akan menemukan solusinya," kata Pierer, dilansir dari Crash.net, Selasa (22/8/2023).

Anggota dewan KTM Hubert Trunkenpolz mengatakan, saat ini paruh kedua musim 2023 sudah berjalan. Semua pebalap berlomba untuk mendapat hasil yang lebih baik dari paruh musim pertama.

Pol Espargaro yang masih belum pulih 100 persen tampak dapat perhatian khusus. Seperti diketahui Pol merupakan anak emas KTM, jadi walau kondisinya kurang baik tetap ada dispensasi.

Ada kesan Pol dan Fernandez akan bersaing langsung untuk memperebutkan kursi di Tech3 GASGAS agar sang bintang Moto2 Pedro Acosta bisa naik ke MotoGP.

"Paruh kedua musim dihitung sekarang. Kami tidak membuat keputusan untuk saat ini. Karena apa yang kita lakukan saat Pol finis podium di Misano, misalnya? Dia terlihat termotivasi. Itu sebabnya kami tidak ingin memensiunkan Pol sekarang," ujarnya.

"Kami masih melihat beberapa balapan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Upaya KTM Turunkan 5 Motor di MotoGP Musim Depan Pupus", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/22/114200615/upaya-ktm-turunkan-5-motor-di-motogp-musim-depan-pupus.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm