Rangka motor Honda Beat 2020 sudah menggunakan tipe eSAF(Tangkapan layar)
Rangka motor Honda Beat 2020 sudah menggunakan tipe eSAF(Tangkapan layar) ( KOMPAS.COM)

Ramai Rangka Motor Honda Alami Keropos, Ganti Rangka Tidak Bisa Asal karena Ada Nomornya

22 Agustus 2023 21:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Baru-baru ini ramai dibicarakan sasis motor Honda terutama skutik yang alami keropos. Video disebar di media sosial, skutik Honda yang rangkanya patah saat sedang dikendarai.

Sebenarnya ada solusi untuk masalah tersebut, yakni dengan mengganti rangka. Cuma tentu harus mempertimbangkan biaya dan legalitas, mengingat nomor rangka jadi identitas yang ada di surat kendaraan.

Soal kejadian yang ada di lapangan tersebut, Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication PT AHM mengatakan, jaringan Honda memang sudah menjual suku cadang, termasuk rangka.

"Tidak hanya eSAF yang dijual, rangka motor lain juga. Jaringan kami melayani penjualan suku cadang asli Honda, termasuk di dalamnya adalah rangka," kata pria yang akrab disapa Muhib kepada Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Penjualan rangka dilakukan untuk antisipasi kebutuhan konsumen motor Honda, termasuk kondisi seperti sekarang. Namun, penjualannya tidak dilakukan secara bebas, ada syarat yang harus dipenuhi.

"Terdapat syarat yang harus dipenuhi sebagai acuan AHM dalam mencetak ulang nomor rangka sebagai identitas tunggal dan kepemilikan sepeda motor konsumen guna memastikan keamanan dan keaslian rangka," kata Muhib.

Muhib tidak memberi tahu soal harganya, baik sasis eSAF maupun motor lain. Katanya harga dan syarat penggantian rangka menyesuaikan dengan kebijakan AHASS di setiap daerah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ramai Rangka Motor Honda Keropos, Ganti Rangka Tidak Bisa Asal karena Ada Nomornya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/22/165840115/ramai-rangka-motor-honda-keropos-ganti-rangka-tidak-bisa-asal-karena-ada.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm