Ilustrasi chipset Qualcomm Snapdragon.
Ilustrasi chipset Qualcomm Snapdragon. ( GSMArena)

Qualcomm Bakal Hadirkan Smartphone Pertama dengan Chipset Snapdragon 8 Gen 3

23 Agustus 2023 10:27 WIB

SonoraBangka.ID - Qualcomm biasanya memperkenalkan chipset kelas atas terbaru mereka jelang akhir tahun. Pada November 2022 lalu misalnya, perusahaan memperkenalkan Snapdragon 8 Gen 2.

Nah, pada 2023 ini, Qualcomm disinyalir tengah menyiapkan chipset Snapdragon 8 Gen 3. Konon, salah satu HP pertama yang akan menggunakan chipset kelas atas ini adalah Xiaomi 14 series.

Xiaomi 14 series kabarnya akan hadir dalam dua model, yaitu Xiaomi 14 "reguler" dan Xiaomi 14 Pro. Keduanya bakal kompak ditenagai chipset anyar dari Qualcomm tersebut.

Indikasi kuatnya berasal dari waktu peluncuran Xiaomi 14. Chipset Snapdragon 8 Gen 3 sendiri akan dirilis pada Oktober 2023.

Qualcomm sendiri sudah mengumumkan acara Snapdragon Summit yang akan digelar pada 24 Oktober hingga 26 Oktober. Dalam acara itulah biasanya chipset kelas atas terbaru Qualcomm diumumkan.

Nah, Xiaomi 14 ditengarai akan meluncur pada November 2023. Sejumlah pihak pun berspkulasi bahwa smartphone flagship tersebut bakal mengandalkan chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 sendiri dikabarkan akan terdiri dari tiga klaster. Klaster pertama terdiri dari Cortex-X4 sebagai inti utama, sedangkan klaster yang ketika terdapat lima inti Cortex-A720. Klaster ketiga adalah dua inti dari Cortex-A520.

Chipset ini kabarnya akan dibekali pengolah grafis Adreno 750. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, pengolah grafis yang disematkan bakal mengalami peningkatan kinerja. Hanya saja, persentase peningkatan yang dihadirkan masih belum diketahui lebih lanjut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Inikah Smartphone Pertama dengan Chipset Snapdragon 8 Gen 3?", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/08/22/19300097/inikah-smartphone-pertama-dengan-chipset-snapdragon-8-gen-3-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm