Ilustrasi roti dengan olesan selai srikaya pandan.
Ilustrasi roti dengan olesan selai srikaya pandan. ( SHUTTERSTOCK/FAVORITE FLAVORS)

Bisa Untuk Isian Kue Atau Roti, Berikut Cara Membuat Selai Srikaya

23 Agustus 2023 14:17 WIB

SonoraBangka.id -  Selai srikaya bukan dibuat dari buah srikaya asli. Bahan utamanya justru santan, kuning telur, dan gula. Umumnya, selai srikaya digunakan sebagai isian roti manis. Rasanya manis dan memiliki tekstur lembut. Selai srikaya dapat dipadukan dengan pandan, kayu manis, cokelat, jahe, gula merah, wijen, kurma, hingga durian bila suka. Ikuti resep selai srikaya lima bahan dari majalah "Saji ED 503" (2021) oleh Saji terbitan Gramedia berikut ini. 

Resep selai srikaya

Bahan:

200 ml santan kental instan

150 gr gula pasir

1/2 sdt pasta vanila

1 lembar daun pandan, ikat simpul

4 buah kuning telur

Cara membuat selai srikaya

1. Campur santan, gula pasir, pasta vanila, dan daun pandan. Masak di atas api kecil sampai gula larut. Matikan api.

2. Ambil sedikit campuran santan. Campur ke dalam kuning telur, aduk cepat. Masukkan kembali ke dalam panci, aduk rata. Nyalakan api kembali.

3. Masak selai sambil sesekali diaduk sampai mendidih dan mengental. Angkat. Dinginkan id suhu ruang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Selai Srikaya 5 Bahan untuk Isian Roti atau Kue", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/23/123100975/resep-selai-srikaya-5-bahan-untuk-isian-roti-atau-kue.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm