Ilustrasi booth Honda di IIMS 2023, yang memajang Honda Scoopy(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Ilustrasi booth Honda di IIMS 2023, yang memajang Honda Scoopy(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Ramai Kasus Rangka Motor Honda Berkarat, YLKI Minta AHM Untuk Klarifikasi

23 Agustus 2023 20:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) ikut menanggapi kasus yang sedang ramai dialami pemilik motor Honda. Seperti diketahui, beberapa konsumen melalui media sosial mengeluhkan rangka eSAF mengalami karat hingga akhirnya patah ketika digunakan.

Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Agus Suyatno mengatakan, pihaknya telah menerima aduan dari masyarakat terkait kasus rangka motor Honda yang keropos.

YLKI mencatat, pengaduan banyak datang lewat media sosial, di mana banyak yang menyebut akun resmi organisasi pada beberapa posting gambar ataupun video terkait kejadian rangka eSAF. Selain itu, ada juga beberapa laporan yang masuk melalui email resmi YLKI.

“Kami (YLKI) sedang bersurat ke PT Astra Honda Motor (AHM) untuk meminta klarifikasi hal tersebut,” ujar Agus, kepada Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Agus juga mengatakan, penarikan produk atau product recall mungkin saja dilakukan apabila ditemukan indikasi kesalahan produksi yang berakibat pada aspek keselamatan.

“Jika benar, maka otoritas keselamatan transportasi bisa meminta produsen menarik produknya. Jadi tidak ada acuan berapa banyak korban,” ucap Agus.

Menurutnya, YLKI tidak bisa meminta AHM menarik peredaran produknya kalau belum ditemukan bukti yang kuat.

“Tidak bisa langsung recall jika belum ada bukti yang kuat. Prinsip kehati-hatian juga perlu diterapkan, justru untuk melindungi konsumen dan tetap menjaga keberlangsungan usaha, termasuk menghindari persaingan usaha tidak sehat,” kata Agus.

Sebagai informasi, eSAF (Enhanched Smart Architecture Frame) merupakan teknologi rangka yang diluncurkan pada 2019.

Pada mulanya, cuma Honda Genio saja yang mengusung rangka eSAF. Tapi kemudian, Beat, Scoopy, sampai Vario 160 ikut memakai sasis tersebut.

Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication PT AHM, mengatakan, konsumen yang mengalami masalah rangka bisa mengadukan masalahnya ke bengkel resmi.

“Setiap kami meluncurkan produk, kami bersama jaringan Honda melengkapi layanan purnajual berupa penjualan suku cadang asli Honda, termasuk di dalamnya adalah rangka,” ucap Muhib, kepada Kompas.com (22/8/2023).

“Hal ini untuk mengantisipasi pemenuhan kebutuhan konsumen semua jenis sepeda motor Honda, baik saat ada maupun tidak ada permintaan atau keluhan,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ramai Kasus Rangka Motor Honda Berkarat, YLKI Minta AHM Klarifikasi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/23/070200915/ramai-kasus-rangka-motor-honda-berkarat-ylki-minta-ahm-klarifikasi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm