Ilustrasi bolu kukus mekar tiga warna.
Ilustrasi bolu kukus mekar tiga warna. ( SHUTTERSTOCK/ Pepsco Studio)

Bisa untuk Sajian Hajatan, Berikut Cara Membuat Bolu Kukus Santan

24 Agustus 2023 06:08 WIB

SonoraBangka.id - Bolu kukus mekar salah satu makanan jadul yang hampir selalu ada di setiap acara hajatan. Kali ini kamu bisa membuat bolu kukus santan pelangi dengan bahan telur, cake emulsifier, air soda, tepung terigu, santan bubuk, gula halus, pasta cokelat, stroberi, dan pandan. Bolu kukus santan pelangi ini dikukus selama kurang lebih 15 menit sampai matang. Simak resep bolu kukus santan pelangi berikut ini, dikutip dari buku "Kue Mangkuk & Bolu Kukus Mekar" (2013) karya Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep bolu kukus santan pelangi

Bahan:

2 butir telur

1 sdt cake emulsifier (ovalet/SP)

200 ml air soda

225 gram tepung terigu

25 gram santan bubuk

250 gram gula halus

Pasta cokelat, pasta stroberi, pasta pandan secukupnya

Cara membuat bolu kukus santan pelangi:

1. Kocok semua bahan menjadi satu sampai putih dan mengembang.

2. Bagi adonan menjadi tiga bagian lalu masing-masing campur dengan pasta cokelat, pasta stroberi, dan pastan pandan, aduk rata.

3. Siapkan cetakan yang dialasi dengan paper cup, lalu tuang adonan hijau, cokelat, dan stroberi. Kukus selama kurang lebih 15 menit sampai matang. Selama proses pengukusan dan kue belum mekar sempurna, tutup kukusan jangan dibuka-buka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bolu Kukus Santan Pelangi, Bisa untuk Sajian Hajatan ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/23/210300775/resep-bolu-kukus-santan-pelangi-bisa-untuk-sajian-hajatan-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm