Ilustrasi es teh manis.
Ilustrasi es teh manis. ( SHUTTERSTOCK/Hyeong-Taek Lee)

Sebaiknya Dihindari, Berikut Ini 5 Jenis Minuman Tinggi Gula

24 Agustus 2023 07:06 WIB

SonoraBangka.id -  Sejumlah minuman mengandung gula tinggi sehingga tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Batas konsumsi gula harian adalah 50 gram. Beberapa minuman mengandung setengah dari kebutuhan gula harian. Gula tinggi memicu beberapa penyakit, seperti diabetes, obesitas, hingga penyakit jantung. Dilansir dari Healthline, simak lima minuman tinggi gula berikut ini. 

1. Es teh manis

Es teh sangat umum dibuat dengan gula sehingga dikenal dengan nama minuman es teh manis. Penambahan sirup gula dalam es teh membuat minuman ini termasuk tinggi gula yang sebaiknya dihindari. Rata-rata es teh manis kemasan berukuran 340 mililiter mengandung 35 gram gula. Sebaiknya, hindari penambahan gula bila ingin membuat es teh di rumah maupun di restoran. 

2. Jus buah kemasan

Buah mengandung nutrisi yanag bagus baik tubuh. Kamu hanya perlu memilih jenis buah yang sesuai dengan kebutuhan gizi. Olahan buah yang sering dikonsumsi adalah jus buah. Sering kali, jus buah dibuat menggunakan banyak gula. Jumlah gula dalam jus buah bisa saja dikontrol bila membuat minunman ini sendiri di rumah, lain hal dengan produk kemasan. Lihat jumlah gula dalam jus buah dan hindari jus buah kemasan dengan jumlah gula tinggi. 

3. Susu cokelat 

Susu cokelat dibuat dari kakao dan tambahan gula. Sebanyak 250 gram susu cokelat mengandung hampir 12 gram gula tambahan. Susu memang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang karena mengandung kalsium dan protein. Hanya saja, kamu harus cerdas memilih susu cokelat kemasan yang lebih rendah gula untuk menghindari risiko penyakit tertentu.

4. Kopi dengan perasa

Selain kopi hitam yang terasa pahit asam, kopi dengan aneka perasa kini menjadi tren yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Jenis kopi ini termasuk minuman tinggi gula karena dibuat dari campuran gula sirup hingga krim. Satu gelas kopi bahkan bisa mengandung lebih dari 45 gram gula yang terbilang sangat tinggi dilihat dari batas gula harian.

5. Minuman soda

Minuman bersoda memiliki kandungan gula tambahan yang tinggi dan bisa menyebabkan obesitas hingga penyakit kronis. Dikutip dari Very Well Fit, satu kaleng minuman bersoda bisa mengandung 39 gram gula. Kandungan gula untuk minuman bersoda tidak selalu sama. Angkanya berkisar 20-39 gram gula dengan kalori tinggi per gelas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Minuman Tinggi Gula yang Sebaiknya Dihindari, Ada Es Teh Manis ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/23/170944275/5-minuman-tinggi-gula-yang-sebaiknya-dihindari-ada-es-teh-manis?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm