Ilustrasi kacang tanah rebus.
Ilustrasi kacang tanah rebus. ( DOK.SHUTTERSTOCK/indrasmara ilham perdana))

Taburkan Garam, Berikut Tips Rebus Kacang Tanah agar Cepat Empuk

24 Agustus 2023 07:43 WIB

SonoraBangka.id -  Kacang tanah rebus sering kali dihidangkan saat ada acara kumpul bersama keluarga. Umumnya, kacang disajikan di atas piring untuk camilan sembari bercengkerama. Ada tips seputar cara merebus kacang tanah agar cepat empuk dan rasanya gurih meresap. Dilansir dari beberapa sumber, simak tipsnya berikut ini.

1. Cuci dulu kacang tanah

Saat membeli kacang tanah terutama di pasar tradisional, terkadang kulit kacang masih dipenuhi dengan tanah yang menempel. Kamu bisa menggosok kulit kacang dengan sikat hingga bersih, di bawah air mengalir.

2. Biarkan kacang terendam seutuhnya dalam air

Siapkan wadah atau baskom beri air setengahnya, kemudian masukkan kacang. Biasanya, kacang kering akan mengapung di atas air. Kamu bisa menunggu selama beberapa saat agar kacang terendam dengan sendirinya.

3. Rebus selama 2 jam

Dilansir dari laman Simply Recipes, kamu bisa merebus kacang tanah sebanyak 500 gram selama 2-3 jam. Namun, beberapa orang mungkin lebih menyukai kacang tanah berkulit lembut, maka rebus lebih lama. 

4. Tambahkan dengan garam

Kamu bisa menambahkan garam sebagai perasa dalam kacang tanah. Namun, kamu juga bisa menambahkannya untuk mempercepat proses lembut kulit kacang.

5. Tutup selama beberapa saat

Ditambahkan dari laman All Recipes, setelah kacang dirasa matang dan empuk. Matikan api dan tutup panci. Cara ini dinilai bisa membuat kulit dan kacang lebih empuk dan bumbu meresap dengan sempurna.

6. Angkat dan tiriskan

Dilansir dari laman Southern Living, angkat kacang dan tiriskan selama 1 jam. Kamu bisa menghidangkan kacang dalam piring kemudian simpan sisa kacang yang tak dimakan dalam wadah tertutup di dalam kulkas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Tips Rebus Kacang Tanah agar Cepat Empuk, Taburkan Garam", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/22/121100975/6-tips-rebus-kacang-tanah-agar-cepat-empuk-taburkan-garam.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm