Ilustrasi memotong bawang putih, mengiris bawang putih.
Ilustrasi memotong bawang putih, mengiris bawang putih. ( SHUTTERSTOCK/NUNGNING20)

Mengapa Memotong Bawang Bikin Mata Pedih? Berikut Penjelasannya

24 Agustus 2023 07:57 WIB

SonoraBangka.id -  Pedih mata sulit dihindari saat mengiris bawang merah. Bahkan, bisa membuat hidung berair hingga menangis. Dilansir dari Healthline, menangis akibat memotong bawang tidak disebabkan oleh emosi apapun, melainkan refleks dari kandungan bawang merah. Bawang akan mengeluarkan enzim dan asam sulfenat saat kulitnya dikupas. Kedua senyawa ini akan bercampur dengan propanethial S-oxide atau gas yang menyebabkan iritasi.

Propanethial S-oxide akan berubah menjadi asam sulfat saat menyentuh lapisan air yang melindungi bola mata. Mata manusia memiliki pertahanan untuk menghindari bahaya. Saraf mata akan mendeteksi keluarnya air mata saat terpapar dengan senyawa tersebut. Ada orang yang lebih sensitif sehingga sering menangis saat memotong bawang. Bahkan, memicu reaksi gatal-gatal di tubuh. 

Bawang yang dimaksud bukan hanya bawang merah, melainkan bawang putih, daun bawang dan bombai. Meski menyengat, menangis yang disebabkan oleh kegiatan memotong bawang disebut tidak berbahaya. Namun, sebaiknya hindari hal tersebut dengan meletakkan penghalang atau memberi jarak antara mata dan bawang.

Bila mata tetap terasa pedih setelah memotong bawang, segera bilas tangan dan muka menggunakan air dingin. Kompres mata dengan mentimun dingin untuk mengurangi iritasi. Bila perlu, gunakan obat tetes mata sesuai dengan saran dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Memotong Bawang Bikin Mata Pedih?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/21/133713075/mengapa-memotong-bawang-bikin-mata-pedih.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm