Sony meluncurkan perangkat terbarunya bernama PlayStation Portal. Perangkat tersebut baru akan dirilis pada November mendatang dengan banderol harga 200 dollar AS (sekitar Rp 3 jutaan
Sony meluncurkan perangkat terbarunya bernama PlayStation Portal. Perangkat tersebut baru akan dirilis pada November mendatang dengan banderol harga 200 dollar AS (sekitar Rp 3 jutaan ( The Verge)

Sony Umumkan PlayStation Portal, Perangkat Genggam untuk Streaming Game PS5

25 Agustus 2023 16:31 WIB

SonoraBangka.ID - Sony resmi mengumumkan kehadiran perangkat game portabel terbaru mereka yakni PlayStation Portal, pada Rabu (23/8/2023). Berbeda dengan perangkat game handheld biasa, PlayStation Portal dibuat khusus untuk bermain game PlayStation 5 (PS5) secara streaming.

Artinya, pengguna PlayStation Portal tidak bisa mengunduh dan memasang game di dalam perangkat. Pengguna PlayStation Portal, hanya bisa memainkan game yang sudah terinstal di PlayStation 5 melalui koneksi internet.

PlayStation Portal sendiri sejak awal memang tidak dibuat sebagai konsol baru, melainkan diposisikan sebagai perangkat pelengkap dari PS5. Perangkat ini dirancang untuk pengguna yang ingin main game PS5, tetapi tidak ingin berlama-lama menatap layar televisi.

Proyek pembuatan PlayStation Portal sendiri diumumkan Sony sejak Mei lalu. Saat itu, Sony menggunakan nama "Project Q" untuk kode perangkat tersebut.

PlayStation Portal memiliki desain yang mirip dengan Nintendo Switch. PlayStation Portal memiliki layar besar yang diapit oleh dua sisi gamepad atau controller.

Layar LCD tersebut memiliki bentang 8 inci dan dapat menampilkan gambar beresolusi 1.080 piksel dengan frame rate 60 fps.

Bicara soal desain, gamepad atau controller PlayStation Portal mengadopsi bahasa desain yang mirip dengan controller PS5 alias DualSense. Namun, bentuknya tampak lebih bongsor.

Keduanya sisi gamepad PlayStation Portal ini mendukung efek getaran haptic feedback dan adaptive triggers, sama seperti sensasi yang disajikan DualSense. Selain itu, PlayStation Portal juga dapat memutar media melalui layar, sama seperti PS5.

Untuk menjalankan atau memainkan game, PlayStation Portal wajib terkoneksi dengan jaringan internet Wi-Fi yang stabil agar pengalaman main game lebih mulus.

Sony menyarankan kecepatan internet minimum yang layak digunakan untuk main game di PlayStation Portal adalah 5 Mbps. Namun, kecepatan internet yang direkomendasikan adalah 15 Mbps.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm