Kulit kentang mulai berwarna hijau karena adanya produksi klorofil dalam kentang akibat paparan cahaya.
Kulit kentang mulai berwarna hijau karena adanya produksi klorofil dalam kentang akibat paparan cahaya. ( SHUTTERSTOCK/FOTO HELIN)

Pakai Kentang, Berikut Cara Mudah Bersihkan Karat Pada Panci

27 Agustus 2023 06:34 WIB

SonoraBangka.id -  Wajan yang terbuat dari besi cor atau biasa disebut dengan iron pan, biasanya akan menimbulkan karat, jika digunakan secara rutin. Dilansir dari laman The Kitchn, ada cara menghilangkan karat pada besi cor hanya dengan menggunakan kentang yang mudah. Simak penjelasannya berikut ini. 

Siapkan satu kentang segar dengan ukuran sedang atau besar. Potong menjadi dua bagian, tidak perlu mengupas kulitnya. Potong dalam bentuk memanjang atau melintang, tergantung seberapa besar area panci yang berkarat. Di lain wadah, tuang sabun cuci piring dan beri air.

Selain sabun cuci piring, kamu bisa menggunakan soda kue. Celupkan selama beberapa detik kentang yang baru saja dipotong ke dalam sabun. Celupkan dan gosokkan dengan sekuat tenaga pada area yang berkarat Jika, ujung kentang terasa licin, iris tipis, dan celupkan ujungnya ke dalam sabun. Ulani hingga lapisan karat terlepas dari wajan kemudian bilas dengan air bersih. Penggunaan kentang untuk membersihkan karat pada wajan karena kentang mengandung asam oksalat. Kandungan tesebut dianggap cukup ajaib untuk memecahkan karat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mudah Bersihkan Karat Pada Panci Pakai Kentang ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/26/120900675/cara-mudah-bersihkan-karat-pada-panci-pakai-kentang-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm