Ilustrasi sup bening bihun untuk menu sarapan praktis yang menghangatkan.
Ilustrasi sup bening bihun untuk menu sarapan praktis yang menghangatkan. ( DOK.SHUTTERSTOCK/anmbph)

Wajib Untuk Dilakukan, Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Sarapan?

27 Agustus 2023 06:36 WIB

SonoraBangka.id - Sarapan atau makan pagi wajib dilakukan oleh anak hingga orang dewasa sebelum beraktivitas seharian. Menurut PMade Astawan, pakar teknologi pangan, sarapan bisa dilakukan tepat setelah bangun tidur. "Sarapan itu kan breakfast, break dan fast. Artinya, kita harus menghentikan puasa karena selama tidur itu kita puasa," jelas Made.

Sederhananya, sarapan bisa dimulai dengan meminum air secepat mungkin usai bangun tidur. Meski demikian, ada waktu sarapan tepat yakni maksimal pukul 09.00 setiap harinya. Sarapan yang ideal adalah mengonsumsi makanan untuk memenuhi 30 persen kebutuhan zat gizi setiap hari. 

"Jangan anggap enteng sarapan dengan mengonsumsi roti saja, itu tidak cukup," ujar Made saat ditemui media usai konferensi pers BlueBand, Kamis (24/8/2023). Tujuan sarapan tidak hanya mengisi perut kosong, tetapi menyediakan energi untuk tubuh dan otak selama melakukan aktivitas.

Sarapan sehat dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan mood, juga menurunkan stres. Caranya, konsumsi makanan sehat yang mengandung gizi beragam dan imbang, mulai dari karbohidrat, protein, dan vitamin. Sesuaikan kebutuhan gula dan lemak untuk mencegah rasa lapar timbul hingga waktu makan siang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapan Waktu Sarapan yang Tepat?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/26/080200575/kapan-waktu-sarapan-yang-tepat-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm