Ilustrasi salmon fillet.
Ilustrasi salmon fillet. ( SHUTTERSTOCK/Bon Appetit)

Jenis hingga Jumlah Asupan, Berikut Beda Omega 3 dan 6 dalam Makanan

27 Agustus 2023 06:46 WIB

SonoraBangka.id -  Omega 3 dan 6 merupakan asam lemak esensial yang penting dikonsumsi anak sejak dalam kandungan. Meski sama-sama jenis asam lemak esensial, omega 3 dan omega 6 didapat dari makanan berbeda. Jumlah asupannya juga tidak sama.

Made Astawan, pakar teknologi pangan, mengatakan, omega 3 terbagi menjadi tiga jenis, yaitu DHA, EPA, dan ALA. DHA atau docosahexaenoic acid memiliki peran penting terhadap perkembangan dan fungsi otak anak. "DHA itu penting kalau timing-nya tepat, pada saat di dalam kandungan, anak usia dua hingga lima tahun merupakan masa emas perkembangan otak," kata Made dalam konferensi pers BlueBand, Kamis (24/8/2023).

Perkembangan otak paling tinggi sebanyak 80 persen terjadi saat anak berusia di bawah dua tahun dan dilengkapi hingga usia 18 tahun. EPA atau eicosapentaenoic acid bersifat sebagai antiinflamasi dan membantu mengurangi peradangan tubuh. 

EPA akan menjaga kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular untuk menunjang fungsi otak serta mencegah depresi. Terakhir, ALA atau alfa-linolenic acid dapat diubah menjadi EPA dan DHA serta berperan penting dalam sistem imunitas dan sistem saraf. Berbeda dengan omega 3, omega 6 hanya terdiri dari dua jenis, yakni linoleic acid (LA) dan arachidonic acid (AA).

Fungsi utama omega 6 adalah sebagai sumber energi. LA berperan dalam pembentukan membran sel dan fungsi seluler, sementara AA berperan merespons imun tubuh.

Sumber asupan berbeda

Selain jenisnya, sumber asupan omega 3 dan 6 juga berbeda. "Omega 6 itu biasanya dari nabati atau kacang-kacangan, kalau omega 3 banyak ditemukan dalam ikan laut," ujar Made. Sumber makanan omega 3 adalah salmon, makarel, kod, sarden, biji chia, salmon oil, flaxseed oil, dan sayuran hijau. Sumber makanan omega 6 terdiri dari almond, telur, dan tempe. Jumlah kebutuhan omega 3 dan 6 berbeda.

Anak perlu mendapatkan nutrisi ini dengan jumlah yang cukup. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang disampaikan Made, ada tiga kategori kelompok umur untuk konsumsi omega 3 dan 6. Rasio ideal omega 3 dan 6 yang direkomendasikan adalah satu omega 3 banding sembilan omega 6. Anak berusia 0–11 bulan membutuhkan asupan 0,5 gram omega 3 per hari dan 4,4 gram omega 6 per hari. Anak berusia 1–3 tahun bulan membutuhkan asupan 0,7 gram omega 3 per hari dan 7 gram omega 6 per hari. Anak berusia 4–9 tahun bulan membutuhkan asupan 0,9 gram omega 3 per hari dan 10 gram omega 6 per hari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bedanya Omega 3 dan 6 dalam Makanan, dari Jenis hingga Jumlah Asupan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/25/153600475/bedanya-omega-3-dan-6-dalam-makanan-dari-jenis-hingga-jumlah-asupan?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm