Ilustrasi Mesin Diesel.(KompasOtomotif-donny apriliananda)
Ilustrasi Mesin Diesel.(KompasOtomotif-donny apriliananda) ( KOMPAS.COM)

Ini Penyebab Utama Mobil Diesel Tak Lolos Melakukan Uji Emisi

27 Agustus 2023 18:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menerapkan uji coba tilang emisi pada Jumat (25/8/2023). Uji coba berlangsung selama enam hari, kemudian sanksi mulai berlaku pada 1 September-30 November 2023.

Kendaraan yang tidak lulus uji emisi akan dikenakan tilang. Roda dua sebesar Rp 250.000 sedangkan roda empat Rp 500.000. Mekanisme penilangan sama seperti penindakan pelanggaran lalu lintas pada umumnya.

Kepala Bengkel Toyota Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, Sapta Agung Nugraha, mengatakan, untuk uji emisi mesin diesel, parameter yang diukur adalah opasitas atau kadar kepekatan gas buang.

"Untuk mesin diesel kadar opasitas gas buangnya besar, artinya asap yang dikeluarkan pekat dan kotor," ujar Sapta kepada Kompas.com, Sabtu (26/8/2023).

Sapta mengatakan, tingkat kepekatan asap buang pada mesin diesel mayoritas disebabkan oleh filter udara yang kotor dan beberapa faktor lain.

"Lebih banyak diakibatkan filter udara yang kotor, kualitas BBM yang kurang tepat atau pompa injeksi yang tidak terkalibrasi serta kondisi catalytic converter yang sudah kurang bagus menyaring polutan," ujar Sapta.

"Agar terhindar dari kondisi tersebut, tentunya kendaraan harus dijaga, dirawat seperti penggunaan BBM (solar) yang tepat, kondisi saringan udara yang bersih," kata Sapta.

"Kemudian proses pembakaran yang baik melalui kondisi busi, karburator, atau proses campuran udara dengan bensin yang tepat, rutin membersihkan ruang bakar serta catalytic converter," katanya.

Sapta mengatakan, menjaga mesin diesel sebetulnya tidak sulit. Pemilik mobil cuma perlu menjaga kualitas solar, saringan udara, kondisi pompa injeksi atau injektor tetap bersih serta catalytic converter.

Mengutip situs resmi Mitsubishi Indonesia, hal paling penting untuk mobil diesel agar lolos uji emisi, yakni cek injektor. Sebab injektor gampang tersumbat oleh kotoran atau sulfur yang terbawa dari solar.

"Jika sudah mulai tersumbat, injektor tidak lagi menyemprotkan bahan bakar dengan baik dan mengakibatkan performa mesin akan menurun," tulis keterangan tersebut.

"Selain itu, injektor yang tersumbat juga mengakibatkan bahan bakar semakin boros dan menimbulkan asap hitam yang membuat emisi gas buangnya menjadi buruk," tulis Mitsubishi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Penyebab Utama Mobil Diesel Tak Lolos Uji Emisi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/27/084535015/ini-penyebab-utama-mobil-diesel-tak-lolos-uji-emisi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm