Francesco Bagnaia di MotoGP Belanda(TWITTER/PECCOBAGNAIA)
Francesco Bagnaia di MotoGP Belanda(TWITTER/PECCOBAGNAIA) ( KOMPAS.COM)

Terlalu Kencang, Ducati Setuju Untuk Turunkan Kapasitas Mesin Motor MotoGP

28 Agustus 2023 19:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat ini, kecepatan motor balap MotoGP bisa tembus hingga 366 kilometer per jam. Banyak yang menilai motor MotoGP terlalu kencang.

Sehingga, muncul wacana untuk menurunkan kapasitas mesin dari 1.000 cc menjadi 850 cc. Pada musim 2007, MotoGP pernah menurunkan kapasitas mesin motor menjadi 800 cc. Lalu, naik lagi menjadi 1.000 cc pada musim 2012 sampai sekarang.

Dengan motor MotoGP yang semakin kencang, maka risiko kecelakaan juga akan meningkat. Selain itu, yang dikhawatirkan sirkuit juga tidak bisa mengikuti peningkatan kecepatan motor.

Gigi Dall'Igna, General Manager Ducati Corse, mengatakan, tiga setengah dari lima pabrikan setuju apabila kapasitas mesin diturunkan. Sementara satu setengah pabrikan lainnya menolak gagasan tersebut.

"Iya, ini memang kapasitas yang aneh. Tapi, di MotoGP kami membangun purwarupa, itulah kenyataannya. Top speed akan memberikan masalah bagi kita di masa depan jika kita tidak melakukan sesuatu," ujar Dall'Igna, dikutip dari Speedweek.com, Senin (28/8/2023).

Dall'Igna mengatakan, kecepatan motor terlalu tinggi. Perlu diingat bahwa regulasi baru akan berlaku hingga akhir 2031, delapan tahun lagi dari sekarang.

"Bila kita terus lanjut dengan 1.000 cc hingga seterusnya dan meningkatkan kecepatan setiap tahunnya, kita akan memiliki masalah," kata Dall'Igna.

Menurutnya, pengurangan kecepatan utamanya karena alasan keselamatan dan dia yakin itu harus dilakukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terlalu Kencang, Ducati Setuju Turunkan Kapasitas Mesin Motor MotoGP", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/28/154100715/terlalu-kencang-ducati-setuju-turunkan-kapasitas-mesin-motor-motogp.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm