Hyundai Ioniq 6 (Kompas.com)
Hyundai Ioniq 6 (Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Permintaan Untuk Kendaraan Listrik Makin Bertambah Berkat Insentif PPN

28 Agustus 2023 20:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat kinerja industri logam, mesin, alat tranpsportasi dan elektronika (ILMATE) pada kuartal II/2023 berhasil tumbuh gemilang hingga double digit, yakni 12,16 persen yoy (year-on-year).

Hal tersebut membuktikan bahwa tren pemulihan ekonomi nasional terus menguat. Sebab, pertumbuhan sektor ILMATE konsistem melampaui pertumbuhan ekonomi sejak kuartal I/2021 lalu.

Salah satu sektor yang menyumbangkan capaian positif ini ialah sektor otomotif, baik dari sisi produksi, penjualan, sampai distribusi (alat angkutan), yaitu 9,66 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Diungkapkan Sekretaris Direktorat Jenderal ILMATE Kemenperin, Yan Sibarang Tandiele, terkatrolnya industri alat angkutan disebabkan oleh peningkatan permintaan kendaraan listrik sebagai dampak pemberlakuan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sejak April 2023.

"Kemudian pasokan semikonduktor kendaraaan bermotor juga sudah lebih baik," lanjutnya dalam siaran pers, Senin (28/8/2023).

Adapun sektor ILMATE yang tumbuh double digit selama kuartal II/2023, yaitu Industri Barang dari Logam, Komputer, Barang Elektronik, Optik, dan Peralatan Listrik sebesar 17,32 persen yoy.

Peningkatan kinerja Industri Barang dari Logam, Komputer, Barang Elektronik, Optik dan Peralatan Listrik karena didorong oleh peningkatan permintaan komputer, untuk tahun ajaran baru sekolah serta peningkatan permintaan luar negeri pada produk tabung elektron dan komponen elektronik lainnya.

Pertumbuhan positif di sektor Industri Logam Dasar ini sejalan dengan perbaikan-perbaikan kebijakan di Kemenperin terkait mekanisme smart supply-demand baja nasional dengan Pertimbangan Teknis yang terukur sesuai ketentuan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 4 tahun 2021.

“Peningkatan PDB Industri Logam Dasar didukung oleh pengembangan sejumlah industri smelter yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia, yaitu Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, serta Banten,” imbuhnya.

“Kami berharap degan kinerja Pertumbuhan Sektor ILMATE ini dapat memacu perluasan investasi dan peningkatan teknologi industri melalui kerjasama teknologi yang dapat meningkatkan performa ekspor komoditas ILMATE,” kata Yan lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Permintaan Kendaraan Listrik Makin Bertambah Berkat Insentif PPN", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/28/180100115/permintaan-kendaraan-listrik-makin-bertambah-berkat-insentif-ppn.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm