Desa Wisata Tari Rebo Kabupaten Bangka sukses meraih Juara 1 dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 Kategori Souvenir. IST/ Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Desa Wisata Tari Rebo Kabupaten Bangka sukses meraih Juara 1 dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 Kategori Souvenir.
Desa Wisata Tari Rebo Kabupaten Bangka sukses meraih Juara 1 dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 Kategori Souvenir. IST/ Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Desa Wisata Tari Rebo Kabupaten Bangka sukses meraih Juara 1 dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 Kategori Souvenir. ( Dok/Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka )

Desa Wisata Tari Rebo Raih Juara 1 ADWI 2023 untuk Kategori Souvenir

29 Agustus 2023 08:26 WIB

SonoraBangka.id - Desa Wisata Tari Rebo Kabupaten Bangka sukses meraih Juara 1 dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 kategori souvenir.

Sekaligus meraih rekor Muri Desa Wisata untuk pengolahan tepung pati sagu dengan varian Terbanyak dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Tropi juara 1 Desa Wisata Kategori Souvenir dan uang pembinaan sebesar Rp35 juta diserahkan langsung oleh istri Menteri Parekraf Ibu Nur Asia Uno kepada Wakil Bupati Bangka Syahbudin di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (27/08/2023).

Sedangkan Penghargaan Rekor Muri langsung diserahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno kepada Pokdarwis Desa Rebo Sudiryanto dan Kades Rebo Rudi Salim disaksikan Ketua Umum Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Jaya Suprana di acara ADWI 2023 tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bangka Rismy Wiramadonnah mengaku sangat bangga dan bersyukur atas diraihnya penghargaan tersebut.

"Penghargaan didapatkan dari kolaborasi, sinergi serta perjuangan pokdarwis bersama pemerintah desa dan dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Bangka. Pokdarwis Desa Rebo bersama elemen masyarakat sangat aktif serta kompak untuk memajukan pariwisata desa dengan menggali segala potensi pariwisata yang dimiliki serta mempersiapkan kriteria penilaian desa wisata dengan baik selama penjurian lomba desa wisata berlangsung dari tanggal 11 - 12 Mei 2023," kata Wira, sapaan akrabnya, Senin (28/08/2023).

Desa Wisata Tari Rebo Kabupaten Bangka sukses meraih Juara 1 dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 Kategori Souvenir. IST/ Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Desa Wisata Tari Rebo Kabupaten Bangka sukses meraih Juara 1 dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 Kategori Souvenir.
Desa Wisata Tari Rebo Kabupaten Bangka sukses meraih Juara 1 dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 Kategori Souvenir.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih tidaklah mudah, sebab, Desa Wisata Rebo harus bersaing dengan 4.573 desa wisata lain yang ada di Indonesia. 

Kemudian dikurasi menjadi 300 terbaik, 100 dan 75 desa wisata terbaik se Indonesia. 

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) adalah ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang memenuhi kriteria penilaian Kemenparekraf yang diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat dan mengangkat desa wisata di Indonesia sebagai destinasi wisata berkelas dunia, berdaya saing global dan berkelanjutan. 

Untuk menentukan juara pada ADWI 2023, didasarkan pada lima kategori penilaian.

Pertama, daya tarik pengunjung, potensi kreativitas dan hasil karya desa wisata, peningkatan kualitas standar, digital dan kreatif dalam hal pemanfaatan digitalisasi promosi Desa Wisata.

Kemudian terkait Kelembagaan Desa Wisata dan sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) berstandar nasional.

Jadim diharapkan dengan diraihnya penghargaan ini dapat memotivasi desa-desa wisata lainnya di Kabupaten Bangka untuk dapat tumbuh berkembang menjadi desa wisata yang berdaya saing dan berkualitas, sehingga memberikan dampak perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Desa Wisata Tari Rebo Raih Juara 1 ADWI 2023 Kategori Souvenir dan Rekor MURI Olahan Sagu Terbanyak, https://bangka.tribunnews.com/2023/08/28/desa-wisata-tari-rebo-raih-juara-1-adwi-2023-kategori-souvenir-dan-rekor-muri-olahan-sagu-terbanyak.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm