Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Depati Amir Gandhi.
Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Depati Amir Gandhi. ( Ist/Dokumentasi Pribadi Gandhi )

DPRD Pangkalpinang Akui Hati-hati Pilih Pj Wali Kota, Masih Tunggu Surat Kemendagri

30 Agustus 2023 17:42 WIB

SonoraBangka.id - Meski belum ada pengumuman secara pasti, nama-nama calon Pj Wali Kota Pangkalpinang itu sudah semakin mencuat, seperti Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang Mie Go, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Erwandi, dan Agus Suryadi muncul sebagai bakal calon Pj Wali Kota Pangkalpinang.

Padahal, DPRD Kota Pangkalpinang, belum membahas nama-nama calon penjabat (Pj) Wali Kota pengganti Maulan Aklil (Molen) yang masa jabatannya akan berakhir pada November mendatang.

DPRD Kota Pangkalpinang hingga kini masih menunggu surat dari Kemendagri.

Anggota DPRD Kota Pangkalpinang Depati Amir Gandhi mengaku, pihaknya dari fraksi PPP memang sudah mengantongi nama-nama kandidat Pj wali kota.

Hanya saja, kata Gandhi, pihaknya sangat berhati-hati mencetuskan nama Pj Wali Kota Pangkalpinang ini.

"Urusan nama-nama bakal calon (bacalon) Pj ini hak masing-masing fraksi untuk mengusulkan ya silahkan. Semua kembali ke mekanisme internal DPRD. Jika ditanya mengantongi nama ya pasti sudah ada ya," ungkap Gandhi kepada Bangkapos.com, Rabu (30/8/2023).

Namun menurutnya, nama tersebut hanya sebatas kandidat saja belum ada pembahasan secara pasti.

"Tapi namanya baru mengantongi kadang ada aja nama yang masuk kadang keluar. DPRD sangat hati-hati mencetuskan nama Pj, sebab ini terkait masa depan kinerja pemerintahan kita. Ada beberapa contoh Pj kepala daerah yang terpilih akhirnya sibuk dengan dirinya sendiri karna persoalan jam terbang dan kapasitas. Jadi memang nama-nama Pj saat ini masih sangat cair," tegasnya.

Diakuinya, DPRD belum melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) maupun Rapat Pimpinan (Rapim), sehingga memang belum dilakukan mekanisme apapun. 

"Walau sudah ada pembicaraan informal antar pimpinan fraksi maupun pimpinan DPRD. Selain itu kita juga sudah berkomunikasi ke kemendagri, yang pada pembahasan terakhir menyatakan kemendagri akan berkirim surat resmi ke DPRD Kota Pangkalpinang selambat-lambatnya bulan oktober. Jadi kita saat ini sebatas menunggu surat dari kemendagri," papar Gandhi. 

Ya memang, dia juga setuju jika pemilihan Pj Wali Kota Pangkalpinang ini harus transparan yang diketahui oleh publik.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Masih Tunggu Surat Kemendagri, DPRD Pangkalpinang Akui Hati-hati Pilih Pj Wali Kota, https://bangka.tribunnews.com/2023/08/30/masih-tunggu-surat-kemendagri-dprd-pangkalpinang-akui-hati-hati-pilih-pj-wali-kota.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm