Ilustrasi telur dadar krispi ala jogja.
Ilustrasi telur dadar krispi ala jogja. ( SHUTTERSTOCK/haryanta.p)

Jangan Goreng Terlalu Lama, Berikut Cara Membuat Telur Dadar Krispi

31 Agustus 2023 08:20 WIB

SonoraBangka.id -  Telur dadar krispi menjadi lauk favorit anak kos di Yogyakarta. Selain murah, makanan ini juga terasa renyah sekaligus ringan di mulut. Telur dadar krispi cocok disajikan dengan sambal apa saja. Begitu juga dengan aneka sayur pelengkapnya. Ada cara membuat telur dadar krispi yang benar agar hasilnya renyah dan mengembang sempurna. Tips ini dibagikan langsung oleh Victoria, salah satu pemilik Nasi Liman, restoran cepat saji dan katering di Bekasi, berikut ini.

1. Goreng telur pakai minyak panas

Kunci membuat telur dadar krispi adalah suhu minyak yang digunakan. Minyak harus benar-benar panas sebelum memasukkan telur. "Penentunya itu minyak panas. Kalau minyaknya enggak panas, telur krispinya tidak jadi," ujar Victoria saat ditemui Kompas.com di Nasi Liman Bekasi, Jawa Barat, Selasa (29/8/2023).

2. Campur telur dengan air dan maizena 

Berbeda dengan telur dadar biasa, telur dadar krispi dibuat dengan tambahan air dan maizena. Kedua bahan ini membantu telur mengembang, berukuran lebih besar, dan renyah setelah matang. "Telurnya satu butir, kemudian ditambah air beberapa sendok, dan tepungnya sedikit saja," jelas Victoria.

3. Goreng selama tiga menit

Cukup goreng telur dadar krispi selama hitungan menit, sekitar dua hingga tiga menit atau sampai matang. "Sebentar saja, biarkan digoreng cukup sampai mengembang dan matang saja," kata Victoria.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Telur Dadar Krispi ala Penjual, Jangan Goreng Terlalu Lama", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/30/183239675/3-cara-membuat-telur-dadar-krispi-ala-penjual-jangan-goreng-terlalu-lama.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm