ilustrasi jenang sumsum.
ilustrasi jenang sumsum. ( shutterstock/Siti Mutmainah)

Berikut Ini Cara Masak Bubur Sumsum agar Tidak Bau Tepung dan Gumpal,

31 Agustus 2023 08:23 WIB

SonoraBangka.id - Bubur sumsum dimasak dari campuran tepung beras dan santan. Teksturnya sangat lembut dan manis saat disantap bersama gula merah cair. Meski terlihat sederhana, cara memasak bubur sumsum yang salah bisa membuat teksturnya menggumpal dan meninggalkan bau tepung. Gustaff Dwijayanto, penanggung jawab produk XLY Coffee & Eatery, membagikan tiga cara membuat bubur sumsum tidak bau tepung dan tidak menggumpal berikut ini.

1. Ayak tepung beras 

Menurut Gustaff, pemilihan jenis atau merek tepung yang digunakan untuk membuat bubur sumsum sangat memengaruhi kualitas bubur. "Ada beberapa jenis tepung, halus dan kasar, itu berpengaruh banget," ujar Gustaff saat ditemui Kompas.com di XLY Coffee & Eatery di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (29/8/2023). Sebaiknya, ayak tepung terlebih dulu sebelum membuat bubur sumsum agar lebih mudah tercampur dan tidak menggumpal. 

2. Jangan pakai api besar

Campuran tepung dan cairan tidak boleh dimasak dengan api besar, termasuk saat membuat bubur sumsum. "Harus slow cook. Makanya butuh kesabaran besar untuk membuat makanan ini. Kalau api besar, bubur sumsum bisa menggumpal dan gosong," tutur Gustaff.

3. Buat bubur sumsum mendadak

Hindari membiarkan bubur sumsum disimpan terlalu lama. Paling tepat, bubur ini harus segera dikonsumsi setelah matang. "Tepung dan air itu kalau semakin lama dibiarkan, intensitas aroma dan rasanya akan berubah," kata Gustaff. Rencanakan membuat bubur sumsum pada waktu yang tepat sehingga tekstur, rasa, dan aromanya maksimal begitu disantap.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Masak Bubur Sumsum agar Tidak Bau Tepung dan Gumpal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/30/161000475/3-cara-masak-bubur-sumsum-agar-tidak-bau-tepung-dan-gumpal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm