Pengunjung mencoba motor listrik Alva Cervo di GIIAS(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Pengunjung mencoba motor listrik Alva Cervo di GIIAS(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Cara Untuk Beli Motor Listrik dengan Subsidi Rp 7 Juta Jadi Mudah

31 Agustus 2023 20:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah melalui Kementrian Perindustrian (Kemenperin) akhirnya menghapus empat syarat subsidi motor listrik (molis). Kebijakan baru satu KTP per unit bisa mempermudah pembelian motor listrik dengan subsidi Rp 7 juta.

Pergantian peraturan ini diikuti dengan terbitnya Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin No.6 Tahun 2023 tentang pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.

Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian, mengatakan dengan adanya kebijakan baru ini diharapkan bisa meningkatkan penggunaan motor listrik di Indonesia.

“Target 200.000 unit (hingga akhir 2023) kita lihat. Kita harapkan bisa tercapai pada tahun ini. Oleh karena itu, kita ubah, kita revisi Permenperinnya,” ungkap Agus, Selasa (29/8/2023).

Agus juga mengatakan pembelian motor listrik subsidi cuma bisa untuk satu kali pakai untuk satu nomor induk kependudukan (NIK) yang sama.

Cara beli motor listriknya juga mudah, diler hanya perlu memeriksa kesesuaian data pembeli yang berbasi NIK, sebagaimana telah sesuai dengan data Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Pemeriksaan data ini, dengan mudah dilakukan melalui sistem informasi yang telah disediakan Pemerintah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Beli Motor Listrik dengan Subsidi Rp 7 Juta Jadi Mudah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/31/111200515/cara-beli-motor-listrik-dengan-subsidi-rp-7-juta-jadi-mudah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm