Hyundai Motor Group (HMG) akan meluncurkan alat pengisian daya cepat DC yang diberi nama Blue Plug(Dok. Autoindustriya.com)
Hyundai Motor Group (HMG) akan meluncurkan alat pengisian daya cepat DC yang diberi nama Blue Plug(Dok. Autoindustriya.com) ( KOMPAS.COM)

Hyundai Kembangkan Fast Charger Sendiri, Rilis Pada Akhir 2023

31 Agustus 2023 21:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Hyundai terus menambah jajaran model mobil listriknya. Untuk memperkuat ekosistemnya, pabrikan asal Korea Selatan ini juga mengembangkan alat pengisian daya cepat atau fast charger untuk mobil listriknya.

Dikutip dari Autoindustriya.com, Kamis (31/8/2023), langkah ini diambil karena lambatnya peluncuran dan mahalnya biaya untuk mendapatkan perangkat ini dari pemasok dan produsen pihak ketiga.

Alat pengisian daya dengan arus DC ini dinamakan Blue Plug. Daya yang dialirkan bisa mencapai 350 kW. Hyundai Motor Group (HMG) berencana memproduksinya untuk ketiga merek yang dipayunginya, yakni Hyundai, Kia, dan Genesis.

Rencananya, Blue Plug akan diluncurkan pada akhir 2023. Blue Plug direncanakan untuk memberi daya pada jaringan pengisian daya ultra-cepat perusahaan di Korea Selatan yang disebut E-pit, yang diluncurkan pada April 2021.

Setiap stasiun E-pit memiliki empat hingga enam pengisi daya 350 kW. Saat ini, E-pit memiliki 12 stasiun dan 72 pengisian daya bertenaga tinggi.

Masih terlalu dini untuk mengharapkan HMG memasarkan Blue Plug di luar Korea Selatan karena saat ini HMG sedang berkonsentrasi pada E-pit.

Tapi, mengingat HMG memiliki berbagai macam kendaraan listrik, tidak akan terlalu sulit untuk mengharapkan upaya terbarunya untuk menjangkau negara-negara yang sudah memiliki mobil hybrid dan mobil listrik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hyundai Kembangkan Fast Charger Sendiri, Rilis Akhir 2023", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/31/140100815/hyundai-kembangkan-fast-charger-sendiri-rilis-akhir-2023.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm