Ilustrasi pemeriksaan katarak
Ilustrasi pemeriksaan katarak ( Shutterstock/Inside Creative House)

Ini Dia Mitos dan Fakta Seputar Katarak, Jadi Tak Semuanya Benar!

2 September 2023 11:38 WIB

SonoraBangka.id - Pandangan yang kabur atau sensitivitas mata meningkat saat melihat cahaya di malam hari adalah sebagian dari ciri-ciri mata mengalami katarak.

 Katarak adalah penyakit penyebab kebutaan terbesar di dunia. 

Jadi, ada baiknya Kawan Puan lebih waspada pada gejala katarak dan segera periksa ke dokter spesialis mata bila mengalami gejala-gejala tersebut.

Salah satu alasan mengapa orang takut dengan katarak adalah karena katarak dapat menyebabkan gangguan penglihatan yang signifikan. Katarak dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur, terbatas, atau bahkan hilang sama sekali.

Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti membaca, menulis, atau bahkan berjalan.

Memang benar bahwa katarak perlu diwaspadai. Namun sayangnya, seiring berkembangnya informasi, ada berbagai mitos yang beredar di masyarakat mengenai katarak.

Semua mitos dan fakta tersebut harus dikonfirmasi kembali faktanya agar masyarakat dapat memiliki pemahaman yang tepat tentang penyakit katarak.

Yuk, kenali lebih lanjut tentang mitos dan fakta seputar katarak seperti dijelaskan oleh Dr. Kevin, SpM., dari KMN Eye Care.

1. Mitos: Katarak Hanya Dialami Oleh Tua

Katarak umumnya lebih sering terjadi pada orang yang telah berusia lanjut, sehingga sering diidentikkan dengan orang tua. Hal ini disebabkan karena risiko terkena katarak semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

Fakta: Katarak dapat Menyerang Siapa Saja

Katarak dapat terjadi pada siapa saja, mulai dari bayi, usia muda hingga lansia. Katarak pada bayi disebut dengan katarak kongenital.

Penyebab terbesarnya adalah kemungkinan pada saat hamil, sang Ibu terkena infeksi virus seperti rubella, cacar air, dan sejenisnya. 

Katarak juga dapat menyerang orang usia muda. Faktor penyebab katarak paling besar pada usia muda adalah karena penyakit diabetes, keturunan, dan juga trauma mata.

Namun, risiko terkena katarak  memang semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

2. Mitos: Katarak adalah Penyakit Menular

Katarak sering dianggap sebagai penyakit menular karena penyebarannya secara masif. Artinya, hampir setiap orang tua dapat terserang katarak sehingga membuat pemahaman bahwa katarak adalah penyakit menular. 

Salah satu alasannya mungkin karena ada kesalahpahaman tentang penyebab terjadinya katarak.

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa katarak disebabkan oleh faktor-faktor seperti usia, gaya hidup, dan keturunan. Inilah yang membuat orang menganggap katarak disebabkan oleh infeksi atau penyakit yang menular.

Fakta: Katarak adalah Penyakit Degeneratif

Katarak bukanlah penyakit menular, melainkan penyakit degeneratif. Artinya, semakin bertambahnya usia seseorang semakin besar risikonya terkena katarak.

Katarak merupakan suatu keadaan di mana lensa mata keruh dan tidak lagi mampu menjadi transparan, yang dapat menyebabkan terganggunya proses penglihatan.

Usia menjadi penyebab utama penyakit ini karena semakin bertambahnya usia, lensa mata manusia yang terbuat dari protein akan mengeras sehingga menghalangi pandangan.  

Sehingga, tidak perlu ada kekhawatiran terkena katarak jika kamu bersentuhan atau berinteraksi dengan orang yang menderita katarak.

3. Mitos: Semua Penderita Katarak Harus Operasi

Orang mungkin beranggapan bahwa katarak harus dioperasi karena operasi katarak adalah cara yang efektif untuk mengobati katarak.

Operasi katarak adalah prosedur yang dilakukan untuk menghilangkan lensa mata yang keruh dan menggantinya dengan lensa kaca atau plastik baru yang bersih.

Memang benar bahwa operasi katarak dapat membantu meningkatkan penglihatan secara signifikan dan dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan yang lebih lanjut. Namun bukan berarti semua penderita katarak harus operasi karena ada beberapa pemeriksaan yang harus dilakukan. 

Fakta: Operasi Katarak Tergantung Kondisi Mata dan Kesehatan Pasien

Tidak semua penderita katarak bisa melakukan operasi katarak. Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor yang dapat menghalangi keberhasilan operasi atau meningkatkan risiko komplikasi.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk menjalani operasi katarak termasuk:

  • Kondisi mata: Beberapa kondisi mata seperti glaukoma atau peradangan mata dapat meningkatkan risiko komplikasi setelah operasi katarak.

  • Penyakit sistemik: Penyakit sistemik seperti diabetes atau penyakit jantung dapat meningkatkan risiko komplikasi setelah operasi katarak.

  • Riwayat bedah mata: Orang yang pernah menjalani bedah mata sebelumnya atau memiliki riwayat keluarga dengan komplikasi setelah bedah mata dapat memiliki risiko yang lebih tinggi untuk komplikasi setelah operasi katarak.

Calon pasien diharapkan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk operasi katarak. Keputusan operasi katarak atau tidak memang dikembalikan pada  pasien, namun tentunya harus ada catatan dan saran dari dokter spesialis mata yang menangani. 

4. Mitos: Operasi Katarak Tindakan yang Tidak Aman

Banyak yang beranggapan bahwa operasi katarak tidak aman. Kurangnya informasi tentang tatalaksana operasi katarak dan yang tepat membuat penderita takut untuk operasi. 

Banyak yang menganggap, operasi katarak menakutkan, dan membutuhkan waktu lama saat operasi atau pun di masa pemulihan.

Perasaan takut sebelum operasi adalah hal yang wajar, namun kamu tidak perlu khawatir selama tindakan operasi dilakukan oleh tenaga ahli yang memang sudah berpengalaman di bidangnya. 

Fakta: Operasi Katarak Relatif Aman dan Terbukti Efektif Menyembuhkan Katarak

Operasi katarak merupakan prosedur bedah yang aman dan efektif yang telah terbukti dapat meningkatkan penglihatan secara signifikan. Namun, seperti dengan setiap tindakan medis, operasi katarak memiliki beberapa risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi.

Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi setelah operasi katarak termasuk infeksi, kerusakan pada jaringan mata, dan masalah dengan lensa yang baru.

Namun, kemungkinan komplikasi ini sangat jarang terjadi dan dapat dicegah dengan mengikuti saran dokter spesialis mata dan menjalani pemeriksaan pasca operasi secara teratur.

"Katarak merupakan penyakit degeneratif di mana terjadi kekeruhan pada lensa mata yang tidak menular, dapat mengenai semua usia meskipun lebih sering teradi pada orang tua. Penanganan katarak sendiri saat ini adalah dengan operasi katarak, tetapi tentu saja harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah katarak tersebut dapat dilakukan operasi dengan aman. Operasi katarak sendiri merupakan tindakan yang relatif aman," jelas Dr. Kevin, SpM, seperti dikutip dari rilis yang diterima PARAPUAN.

Jadi, tak perlu takut, jika mengalami gejalanya, segara periksakan ke dokter sebelum terlambat.

Nah, itu dia beberapa mitos dan fakta yang perlu kamu ketahui mengenai penyakit katarak.

Artikel ini telah terbit di https://www.parapuan.co/read/533839171/tak-semuanya-benar-ketahui-ini-dia-mitos-dan-fakta-seputar-katarak

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm