Nasi Bebek Muda di XLY Coffee and Eatery.
Nasi Bebek Muda di XLY Coffee and Eatery. ( Kompas.com/ Miftahul Rizky)

Salah Pilih dan Marinasi, Berikut 3 Penyebab Daging Bebek Alot

2 September 2023 15:51 WIB

SonoraBangka.id - Salah memasak daging bebek bisa membuat teksturnya alot sehingga tidak nikmat dimakan. Ketahui penyebab daging bebek alot sebelum memasak. Mulai dari pemilihan daging hingga marinasinya. Gustaff Dwijayanto, penanggung jawab produk XLY Coffee & Eatery, menjelaskan penyebab daging bebek alot berikut ini. 

1. Daging bebek tidak segar

Bebek segar memiliki kualitas lebih baik daripada daging bebek yang sudah disimpan lama. Gustaff mengatakan, pemilihan daging bebek yang salah menjadi penyebab tekstur dagingnya alot setelah dimasak. "Bebek baik itu warna dagingnya kemerahan, dagingnya segar gitu. Kalau bebek sudah pucat atau biru, itu jangan dipilih," saran Gustaff.

2. Durasi masak kurang lama

Bebek harus dimasak dalam durasi yang tepat. Menurut Gustaff, pemasakan bebek yang terlalu sebentar bisa membuat teksturnya alot. Salah mengatur besar-kecil api kompor juga bisa menyebabkan daging bebek alot.  "Kadang kalau masaknya kurang lama, jadi alot, aromanya juga belum dapat," kata Gustaff saat ditemui Kompas.com di XLY Coffee & Eatery di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (29/8/2023).

3. Marinasi tidak tepat

Indonesia kaya akan bumbu dan rempah yang bisa digunakan untuk membumbui atau marinasi daging bebek. Menurut Gustaff, sebaiknya lebih sering mengulik jenis bumbu dan rempah yang paling cocok untuk memarinasi daging bebek agar tidak alot. "Setiap rempah itu memiliki khasiat masing-masing, itu yang perlu dikulik sendiri saat memasak daging bebek," ujar Gustaff.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Penyebab Daging Bebek Alot, Salah Pilih dan Marinasi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/01/170500375/3-penyebab-daging-bebek-alot-salah-pilih-dan-marinasi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm