Beberapa bahan alami atau bumbu dapur dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi, seperti bawang putih, air garam, kompres dingin, teh hijau, dan madu.
Beberapa bahan alami atau bumbu dapur dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi, seperti bawang putih, air garam, kompres dingin, teh hijau, dan madu. ( Unsplash)

Berikut 2 Cara Simpan Bumbu Dapur agar Tidak Jamuran hingga Seminggu

2 September 2023 16:05 WIB

SonoraBangka.id -  Bumbu dapur segar tidak bertahan lama seperti bumbu giling yang bisa disimpan hingga satu bulan. Meski demikian, bumbu dapur bisa saja disimpan dan tetap segar selama berhari-hari bila caranya tepat. Salah satu tipsnya adalah membeli bumbu dapur setiap pagi untuk menjaga kesegarannya. Biasanya, pilihan cabai, bawang, ketumbar, kemiri, jahe, hingga kunyit, juga lebih banyak pada pagi hari.

Yuwanto, pemilik Nasi Liman, membagikan cara menyimpan bumbu dapur agar tahan lama hingga satu minggu berikut ini. Baca juga: 4 Kesalahan Simpan Bumbu Dapur, Bikin Cepat Busuk dan Aromanya Pudar Mengenal Asam Jawa, Bumbu Dapur untuk Beri Rasa Asam pada Masakan Resep Tumis Jamur Kancing, Pakai Bumbu Dapur Sederhana

1. Bungkus dengan koran

Beberapa bumbu dapur tidak perludibungkus saat disimpan. Namun, menurut Yuwanto, ada bumbu dapur yang harus dibungkus koran selama disimpan. "Biasanya bawang, cabai, dan kecombrang itu harus dibungkus koran," ujar Yuwanto saat ditemui Kompas.com di Nasi Liman Bekasi, restoran cepat saji dan katering pada Selasa (29/8/2023).

2. Simpan bumbu dapur di kulkas

Selanjutnya, jangan biarkan bungkusan bumbu dapur ditaruh di suhu ruang karena bisa lembap dan rusak. Kamu bisa menaruh bumbu dapur yang dibungkus koran di dalam kulkas. Suhu dingin kulkas akan menjaga bumbu masakan ini tetap segar hingga satu minggu.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Simpan Bumbu Dapur agar Tidak Jamuran hingga Seminggu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/01/080300775/2-cara-simpan-bumbu-dapur-agar-tidak-jamuran-hingga-seminggu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm