Ilustrasi sambal terasi.
Ilustrasi sambal terasi. ( Dok. Shutterstock/Fanfo)

Tidak Cepat Basi, Berikut Ini 3 Cara Simpan Sambal Rumahan

2 September 2023 16:08 WIB

SonoraBangka.id - Sambal termasuk pelengkap yang wajib ada dalam makanan Indonesia. Pedas, gurih, asam rasa sambal membuat sajian terasa sedap. Setelah membuat sambal, kamu bisa langsung menyantapnya atau menyimpannya lebih dulu. Cara menyimpan sambal harus benar agar tidak basi dan tetap sedap setelah disimpan, seperti disampaikan oleh Yuwanto, pemilik Nasi Liman, berikut ini.

1. Simpan sambal di wadah kedap udara

Sambal memiliki aroma khas, tergantung bumbu yang digunakan. Aroma ini memengaruhi rasa sedap sambal. Jadi, sambal harus disimpan dalam wadah kedap udara supaya tidak ada kontaminasi dari bau makanan di sekitarnya.

2. Bungkus sambal terpisah

Khusus kamu yang berjualan, sebaiknya bungkus atau kemas sambal terpisah agar lebih praktis saat digunakan. Sambal bisa dibungkus per porsi atau dipisahkan sesuai jumlah yang ingin digunakan untuk besok atau lusa.

3. Masukkan sambal ke dalam kulkas 

Selanjutnya, simpan sambal di dalam kulkas. Cara ini bisa membuat sambal tahan hingga satu minggu lamanya. "Paling lama sambal itu bisa disimpan satu minggu dalam kulkas, tetapi biasanya kami hanya menyimpan dua sampai tiga hari untuk menjaga kualitasnya," kata Yuwanto saat ditemui Kompas.com di Nasi Liman Bekasi, restoran cepat saji dan katering pada Selasa (29/8/2023).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Simpan Sambal Rumahan agar Tidak Cepat Basi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/01/073100175/3-cara-simpan-sambal-rumahan-agar-tidak-cepat-basi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm