Ilustrasi brownies putih telur.
Ilustrasi brownies putih telur. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Africa Studio)

Berikut 5 Cara Membuat Brownies Antigagal Pakai Rice Cooker

2 September 2023 16:24 WIB

SonoraBangka.id - Brownies tergolong sebagai kue yang mudah dibuat dan antigagal. Jadi, kamu bisa bereksperimen membuat brownies dengan rice cooker.  Tidak perlu takut gagal, karena pada dasarnya brownies adalah bolu bantet.   Namun demikian, perhatikan beberapa hal agar rasa brownies rice cooker enak dan tidak gosong pada permukaan bawahnya.  Simak tips membuat brownies rice cooker antigagal dari Sajian Sedap berikut ini:

1. Pakai resep brownies klasik 

Tidak perlu repot mencari resep khusus brownies rice cooker. Kamu bisa menggunakan resep brownies biasa.  Namun, ada baiknya pilih resep yang tidak terlalu banyak topping agar mengurangi resiko topping gosong atau adonan tidak matang merata. Sebaiknya, pilih resep brownies panggang klasik. 

2. Cokelat leleh tidak boleh terlalu panas 

Ada proses mencampirkan lelehan cokelat ke dalam adonan telur saat membaut brownies. Pastikan agar lelehan cokelat ini tidak terlalu panas, karena dapat membuat telur matang.  Telur yang matang memiliki tekstur berserabut, berpengaruh pada tekstur brownies jadi lebih keras.  Sebelum tuang cokelat leleh ke telur, coba ukur suhunya dengan celupkan jai kelingking. Pastikan suhunya hangat-hangat kuku, tidak membuat kulit jari melepuh. 

3. Olesi wadah rice cooker 

Jangan lupa untuk mengolesi baskim rice cooker dengan margarin, jika rice cooker kamu tidak berlapis lapisan antilengket.  Adonan brownies yang lengket pada baskom akan sulit dilepas, mengingat volume baskom rice cooker yang besar dan tinggi tidak seperti loyang kue. 

4. Jangan tuang adonan terlalu banyak ke baskom rice cooker

Pastikan untuk menuang adonan rice cooker maksimal setengah dari ukuran baskom. Berikan ruang untuk brownies mengembang dan matang sempurna.  Jika brownies dimasak terlalu lama juga akan semakin kering dan berkurang kelembutannya. 

5. Gunakan mode membuat kue 

Kamu bisa menggunakan mode membuat kue atau bertuliskan cake pada rice cooker digital.  Namun, jika menggunakan rice cooker, jangan lupa untuk pantau kue ketika tombol masak sudah berubah jadi warm atau mode menghangatkan. Langsung keluarkan kue dari baskom rice cooker ketika sudah matang agar teksturnya tidak terlalu kering.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Brownies Antigagal Pakai Rice Cooker ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/31/161000075/5-cara-membuat-brownies-antigagal-pakai-rice-cooker-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm