Cireng Cipaganti Sambal Kacang di Festival Kuliner Serpong 2023.
Cireng Cipaganti Sambal Kacang di Festival Kuliner Serpong 2023. ( Kompas.com/Krisda Tiofani)

Tips Dari Penjual, Berikut 3 Cara Goreng Cireng Renyah dan Mengembang

2 September 2023 16:37 WIB

SonoraBangka.id -  Cireng merupakan salah satu olahan aci populer asal Bandung yang disukai banyak orang. Saking populernya, cireng kini dijual dengan banyak varian rasa dan isian gurih, seperti kacang, keju, abon, kornet, hingga sosis. Produknya juga tersedia dengan kondisi siap santap dan siap masak. Beberapa penjual menawarkan cireng beku yang bisa digoreng di rumah. Dadang, karyawan Cireng Cipaganti, menjelaskan cara menggoreng cireng agar renyah dan mengembang berikut ini.

1. Goreng dua kali bila perlu

Menurut Dadang, cireng sebaiknya digoreng dua kali untuk memastikan bagian luar dan dalamnya matang sempurna. Cara ini juga membantu tekstur cireng terasa lebih renyah bila digoreng sekaligus dalam jumlah banyak. "Satu kali goreng 20 menitan, tetapi biasanya kurang mengembang," kata Dadang saat ditemui Kompas.com di Festival Kuliner Serpong 2023, Jumat (25/8/2023). Cireng dimasukkan ke dalam minyak goreng dingin saat penggorengan pertama, kemudian digoreng lagi dengan minyak panas. "Kalau di rumah cukup satu kali goreng saja, secukupnya wajan. Bisa 10-15 cireng untuk satu kali goreng," ujar Dadang.

2. Bolak-balik cireng 

Jangan diamkan cireng terlalu lama selagi menggorengnya. Aduk atau bolak-balik cireng selama digoreng. "Dibolak-balik sesekali. Kalau sudah dua atau tiga menit, diangkat dan ditiriskan," kata Dadang. Angkat cireng ketika sudah mengembang dan matang. Biarkan minyak tiris dari cireng agar tidak cepat melempem.

3. Hangatkan cireng sebentar saja

Dadang mengatakan, cireng yang sudah digoreng, masih bisa dihangatkan bila teksturnya sudah tidak renyah. Namun, tidak perlu lama menggoreng atau menghangatkan cireng. Cukup goreng cireng selama dua menit saja, kemudian angkat dan tiriskan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Goreng Cireng Renyah dan Mengembang, Tips dari Penjual", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/29/170500175/3-cara-goreng-cireng-renyah-dan-mengembang-tips-dari-penjual?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm