Mie Kocok khas Bandung
Mie Kocok khas Bandung ( Dok. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO)

Berikut Ini Perbedaan Mi Kocok Bandung dan Mi Koclok Cirebon

3 September 2023 14:36 WIB

SonoraBangka.id - Hanya beda satu huruf, mi kocok dan mi koclok terdengar sama. Padahal, kedua makanan ini berbeda. Keduanya sama-sama merupakan sajian mi kuah. Hanya saja, asal hingga jenis minya berbeda. Revi, pemilik generasi ketiga Mie Koclok Mang Sam, menjelaskan perbedaan mi kocok dan mi koclok berikut ini.

1. Asal

Mi kocok dan mi koclok sama-sama berasal dari Jawa Barat tetapi kotanya berbeda. Mi kocok berasal dari Bandung. Makanan ini populer di Kota Bandung dan Pulau Jawa. Sementara itu, mi koclok berasal dari Cirebon.

2. Jenis mi

Mi kocok dan mi koclok dibuat dari jenis mi kuning. Mi kocok menggunakan mi kuning berbentuk gepeng. Berbeda dengan mi kocok bandung, mi koclok dibuat dari jenis mi kuning keriting yang biasa digunakan sehari-hari.

3. Isi dan kuah

Isinya pun mengundang selera, terdiri dari potongan telur rebus, ayam suwir, dan irisan toge, kol, serta daun bawang. Revi mengatakan, komponen isi mi kocok dan mi koclok juga berbeda. Mi kocok disajikan bersama kikil, taoge, tetelan, hingga bakso. "Kalau mi koclok cirebon itu pakainya kuah santan, telur, dan daging ayam," ujar Revi saat ditemui Kompas.com di Festival Kuliner Serpong 2023, Jumat (25/8/2023). Sementara itu, kuah mi kocok bandung bening, dibuat dari kaldu sapi tanpa santan sama sekali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Beda Mi Kocok Bandung dan Mi Koclok Cirebon, Sekilas Terlihat Sama", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/29/180600275/3-beda-mi-kocok-bandung-dan-mi-koclok-cirebon-sekilas-terlihat-sama.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm