Ilustrasi teko listrik.
Ilustrasi teko listrik. ( SHUTTERSTOCK / New Africa)

Kerak Putih Hilang Seketika, Berikut 4 Cara Bersihkan Teko Listrik

3 September 2023 14:39 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin teko listrik ada di dapur rumahmu. Umumnya, teko listrik digunakan oleh anak kos atau rumah tangga untuk memanaskan air hingga teh. Namun, apa jadinya kalau teko yang sering digunakan memiliki kerak putih di bagian bawahnya? Simak beberapa tips membersihkan teko listrik dengan bahan sederhana di rumah.

1. Gunakan cuka

Dilansir dari laman Good Housekeeping, gunakan cuka untuk membersihkan kerak di dasar teko listrik. Gunakan sekitar 1 liter air, kemudian tuang sekitar 250 cuka ke dalam teko. Rebus hingga mendidih, dan diamkan selama 20 menit. Bilas beberapa kali dengan air bersih agar kerak yang mengendap hilang. Gunakan spons atau kain lembut untuk menyeka bagian dalam teko. Isi ulang dengan air agar rasa atau bau cuka hilang di dalam teko.

2. Gunakan air perasan lemon

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan air perasan lemon untuk membersihkan kerak putih pada teko listrik. Caranya campurkan satu sendok makan air perasan lemon dengan air secukupnya atau sampai menutupi dasar teko. Rebus air hingga mendidih, matikan dan diamkan selama 20 menit. Buang campuran dan bilas dengan spons yang sudah dibasahi. Usap dengan lembut hingga keraknya hilang.

3. Gunakan baking soda

Baking soda merupakan bahan masakan dengan seribu fungsi. Kamu bisa menggunakan sekitar satu hingga dua sendok teh soda kue ke dalam ketel. Tambahkan air hingga setengah teko. Rebus sampai mendidih dan matikan selama 20 menit. Bilas dengan air sambil seka bagian bawahnya dengan spons. Bilas dengan air bersih agar rasanya hilang.

4. Tidak perlu gunakan sabun cuci

Teko listrik biasanya hanya digunakan untuk merebus air sehingga tidak ada ada noda atau minyak yang tertinggal di dalamnya. Jadi, penggunaan sabun cuci piring tidak diperlukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Bersihkan Teko Listrik, Kerak Putih Hilang Seketika", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/27/121100775/4-cara-bersihkan-teko-listrik-kerak-putih-hilang-seketika.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm