Tilang uji emisi diberlakukan di jakarta, sempat dikritik beberapa pihak(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Tilang uji emisi diberlakukan di jakarta, sempat dikritik beberapa pihak(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Ingat, Kendaraan Terlihat Sehat Belum Tentu Untuk Lulus Uji Emisi

3 September 2023 18:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tilang uji emisi kendaraan bermotor di Jakarta telah diberlakukan sejak Jumat (1/9/2023) hingga tiga bulan ke depan. Banyak masyarakat tidak menyangka bakal kena tilang setelah melakukan uji emisi.

Kendaraan yang dianggapnya sehat, rutin servis dan ganti oli ternyata masih saja menghasilkan emisi di atas standar kelulusan.

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan, setiap kendaraan bermesin bakar akan menghasilkan emisi sehingga kadarnya perlu dikendalikan.

“Untuk memastikan apakah kendaraan tersebut memiliki emisi yang baik atau tidak tentu cara paling akurat adalah melakukan uji emisi dengan alat uji,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (2/9/2023).

Hardi mengatakan dengan melakukan uji emisi maka kandungan asap knalpot pada suatu kendaraan dapat terdeteksi lebih akurat.

Sementara pengguna cuma bisa mengira-ngira apakah kendaraan tersebut sehat dari performanya. Selama tidak terjadi penurunan performa secara drastis maka hal itu tidak akan terdeteksi.

“Kemampuan pengguna tentu saja terbatas, bahkan mekanik yang andal pun tidak bisa menentukan dengan pasti apakah kendaraan tersebut lulus emisi atau tidak tanpa mengukurnya,” ucap Hardi.

Inilah kenapa penting melakukan perawatan secara rutin dengan mengganti komponen penentu seperti busi setiap menempuh jarak tertentu walau tidak ada masalah pada mesin.

“Secara perlahan kemampuan busi bisa menurun, penumpukan kerak karbon pada ruang bakar juga menyumbang apakah pembakaran akan terjadi sempurna atau tidak,” ucap Hardi.

Penurunan performa sebenarnya terjadi meski dalam skala kecil. Bisa saja itu tidak dirasakan oleh pengguna menurut Hardi sehingga pengujian emisi tetap perlu dilakukan.

Sebagai informasi tambahan, ada banyak zat dihasilkan oleh mesin bakar dalam asap knalpot, beberapa di antaranya beracun sehingga wajib ada batasan menurut Hardi.

Jenis emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor antara lain karbon monoksida (CO), nitrogen oksida (NOx), hidrokarbon (HC), sulfur dioksida (SO2), timah hitam (Pb) dan karbon dioksida (CO2).

“Maka dari itu di dalam uji emisi kendaraan, unsur-unsur senyawa tersebut diukur jumlahnya, dan ada standarnya sesuai ketentuan yang berlaku, semakin kecil angkanya tentu semakin bagus,” ucap Hardi.

Maka dari itu, agar tidak terkena tilang sebelum kendaraan melintas di DKI Jakarta, perlu melakukan uji emisi secara mandiri untuk memastikannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Kendaraan Terlihat Sehat Belum Tentu Lulus Uji Emisi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/03/110115915/ingat-kendaraan-terlihat-sehat-belum-tentu-lulus-uji-emisi?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm