Ilustrasi baterai mobil listrik(Dok. Carscoops.com)
Ilustrasi baterai mobil listrik(Dok. Carscoops.com) ( KOMPAS.COM)

Pabrik Baterai Mobil Listrik LG di Karawang Mulai Jalan Pada Tahun Depan

3 September 2023 20:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pabrik baterai mobil listrik LG di Karawang, Jawa Barat bakal memulai aktivitas produksi pada Februari 2024 mendatang. Fasilitas terkait akan menyuplai baterai untuk 160.000 - 200.000 kendaraan listrik.

Hal tersebut disampaikan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia di acara ASEAN Business & Investment Summit 2023 yang disiarkan secara daring, Sabtu (2/9/2023).

"Dua perusahaan besar yang bermain di ekosistem baterai mobil di Indonesia sekarang udah masuk LG sama CATL. LG untuk pembangunan baterainya akan berproduksi Februari besok 2024 itu sudah berproduksi tahap pertama dan yang lainnya masih dalam konstruksi," kata dia.

"Kalau tidak salah dalam perencanaan awal itu kurang lebih untuk meng-cover 160-200 ribu mobil. Tetapi ya itu harus saya cek lagi dan itu tahap pertama, tahap lainnya sambil berjalan," lanjut Bahlil.

Proyek pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik LG itu mempunyai nilai investasi sebesar 9,8 miliar dollar AS atau setara Rp149,3 triliun (kurs Rp 15.241 per dolar AS).

Langkah awal proyek tersebut dimulai dari pembangunan pabrik sel baterai di Karawang dengan total investasi sebesar 1,1 miliar dollar AS. Pabrik itu akan memproduksi sel baterai untuk mobil listrik.

Pabrik sel baterai listrik di Karawang dibangun di atas lahan seluas 330 ribu meter persegi. Fasilitas tersebut diharapkan dapat menghasilkan 10 GWh sel baterai lithium-ion NCMA per tahun saat beroperasi penuh nantinya.

Sel baterai yang diproduksi oleh pabrik di Karawang akan digunakan pada model EV Hyundai Motor dan Kia yang dibangun di atas platform BEV khusus Grup, Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

Dalam kesempatan sama, Bahlil juga menyebut, ASEAN termasuk Indonesia menjadi salah satu tujuan investasi kendaraan listrik dunia. Bahkan investasi terkait kendaraan listrik di ASEAN melonjak hingga 570 persen.

"ASEAN mampu menunjukkan pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan dapat berjalan beriringan dengan transformasi ekonomi melalui hilirisasi sumber daya alam. Capaian ini kerja keras semua negara-negara ASEAN," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pabrik Baterai Mobil Listrik LG di Karawang Mulai Jalan Tahun Depan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/03/142100715/pabrik-baterai-mobil-listrik-lg-di-karawang-mulai-jalan-tahun-depan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm