Aleix espargaró dari tim Aprilia Racing saat sedang berlaga(Crash)
Aleix espargaró dari tim Aprilia Racing saat sedang berlaga(Crash) ( KOMPAS.COM)

Hasil Balap MotoGP Catalunya 2023: Drama Terjadi di Lap Pertama, Aprilia Menggila

3 September 2023 21:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Duo pebalap Aprilia Aleix Espargaro dan Maverick Vinales menguasai jalannya balapan pada MotoGP Catalunya 2023, di Sirkuit Barcelona, Catalunya, Minggu (3/9/2023).

Balapan sempat dihentikan oleh race director karena terjadi kecelakaan yang melibatkan banyak pebalap. Sementara itu, Francesco Bagnaia juga mengalami kecelakaan dan sempat terlindas motor pebalap lain, hingga tidak bisa melanjutkan jalannya balapan.

Sementara itu pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin ada di posisi ketiga, dan rekan setimnya Johann Zarco ada di posisi empat. Sedangkan rider RNF Aprilia, Miguel Aprilia ada di posisi kelima.

Berlangsung selama 24 lap, Aleix Espargaro yang memimpin laga usai Francesco Bagnaia tak bisa melanjutkan laga karena crash di tikungan ke-2, pada awal balapan langsung berusaha menjaga posisi dari pebalap lain.

Tapi usai tikungan ke-3, posisinya langsung disalip oleh Maverick Vinales dan Jorge Martin yang memang memulai laga dari partai atas. Urutan ini pun terjaga cukup konsisten sampai lima putaran.

Drama terjadi di lap pertama dan tikungan pertama saat Enea Bastianini gagal menikung, yang kemudian mendorong Johann Zarco, Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi serta Alex Marquez. Semuanya terseret ke gravel dan mengakibatkan kondisi motor yang rusak

Tidak berselang lama, Bagnaia yang ketika hendak keluar dari tikungan ke-2, mengalami high side. Penyelenggara pun langsung mengeluarkan red flag yang menandakan balapan ditunda sementara.

Juara dunia MotoGP 2022 itu langsung dilarikan ke rumah sakit dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Sekitar 5 menit ditunda, balapan kembali di mulai. Di mana, Bagnaia dan Bastianini dipastikan absen karena harus melakukan pemeriksaan. Sehingga balapan dipimpin Aleix Espargaro.

Pebalap Aprilia ini pun berusaha agar menjaga posisi terbaiknya itu tidak didahului. Namun ketika keluar dari tikungan ke-3, Maverick Vinales dan Jorge Martin melakukan aksi brilian sehingga menempatkan Espargaro ke posisi tiga.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm