Ilustrasi talenan kayu, meletakkan talenan kayu dalam posisi berdiri.
Ilustrasi talenan kayu, meletakkan talenan kayu dalam posisi berdiri. ( SHUTTERSTOCK/ILONA.SHOROKHOVA)

Bau dan Tidak Berjamur, Berikut Ini 3 Cara Menyimpan Talenan

5 September 2023 18:35 WIB

SonoraBangka.id - Jangan asal menyimpan talenan setelah dipakai dan dicuci karena bisa menyebabkan timbulnya jamur. Jamur disebabkan oleh suhu lembap karena talenan masih kotor atau belum kering sempurna setelah dicuci. Kamu bisa menyimak tiga cara menyimpan talenan yang benar agar tidak jamuran berikut ini.

1. Simpan talenan dalam posisi berdiri

Setelah dicuci, jangan biarkan talenan disimpan dengan posisi menelungkup karena sulit kering. Sebaiknya, simpan talenan dengan posisi vertikal atau berdiri supaya tidak lembap dan cepat kering, seperti dikutip dari The Kitchn. Sisa air dan udara akan mengalir dari bagian atas papan ke bawah sehingga talenan tidak akan berjamur.

2. Simpan talenan di lemari atau meja

Taruh talenan dengan posisi vertikal di dalam laci lemari atau meja, dilansir dari Master Class. Bila talenan belum terlalu kering, sebaiknya biarkan disimpan di atas meja atau ruang terbuka hingga tidak ada air tersisa. Jika talenan sudah kering, kamu bisa menyimpannya di lemari dapur atau laci tertutup dan menjaganya tetap kering. 

3. Gantung talenan di dapur

Beberapa alat masak di dapur biasanya digantung di dekat kompor untuk memudahkannya diambil saat akan digunakan. Kamu juga bisa menerapkannya untuk talenan. Beri tali gantungan kecil di talenan dan siapkan paku untuk menggantung talenan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Simpan Talenan agar Tidak Bau dan Tidak Berjamur", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/05/180600175/3-cara-simpan-talenan-agar-tidak-bau-dan-tidak-berjamur?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm