Volta 401 yang mendapat subsidi dari pemerintah(KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI)
Volta 401 yang mendapat subsidi dari pemerintah(KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI) ( KOMPAS.COM)

Dapat Subsidi Rp 7 Juta, Cek Pilihan Motor Listrik Harga di Bawah Rp 10 Juta

5 September 2023 21:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Harga motor listrik keluaran baru saat ini sudah cukup terjangkau. Apalagi pemerintah telah menyederhanakan pemberian subsidi bagi motor listrik.

Dilansir dari laman situs Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (Sisapira.id) (5/9/2023), terdapat 30 model motor listrik yang berhak mendapat subsidi Rp 7 juta.

Dengan bantuan tersebut, secara langsung membuat puluhan model motor listrik tersebut kini memiliki harga yang murah.

Model-model lansiran Greentech, Volta, Pacific, hingga United bahkan bisa dibeli dengan harga on the road Jakarta di bawah Rp 10 juta.

Untuk yang paling murah, Pacific Sterrato bahkan ditawarkan dengan harga Rp 5.590.000 dan Pacific Vito seharga Rp 5.790.000.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan empat kriteria masyarakat yang bisa membeli motor listrik subsidi.

Di antaranya adalah masyarakat yang mempunyai KUR, BPUM, penerima BSU, dan penerima subsidi Listrik <900 VA.

Menurut aturan baru, kriteria pembeli motor listrik subsidi diubah menjadi WNI berusia minimal 17 tahun dan memiliki KTP.

Lalu satu NIK KTP berlaku untuk pembelian satu unit motor listrik baru model apapun. Pembelian motor listrik subsidi bisa dilakukan melalui sistem online yang tersedia.

Pergantian peraturan ini diikuti dengan terbitnya Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin No.6 Tahun 2023 tentang pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Roda Dua.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm