Ilustrasi bebek ungkep.
Ilustrasi bebek ungkep. ( Shutterstock/Wholzy)

Penting Untuk Dilakukan, Berapa Lama Daging Bebek Harus Diungkep?

5 September 2023 21:49 WIB

SonoraBangka.id -  Ungkep atau merebus bebek dengan bumbu menjadi hal penting sebelum mengolah daging ini. Proses ungkep ini akan menghasilkan daging bebek yang kaya rasa dan empuk setelah dimasak. Meski mirip, mengungkep dan marinasi adalah dua hal berbeda. Marinasi merupakan tahap membumbui daging, sementara mengungkep termasuk proses memasak.

Durasi mengungkep daging bebek menjadi penting diperhatikan agar tekstur dagingnya tidak keras, juga tidak terlalu lembek. Gustaff Dwijayanto, penanggung jawab produk XLY Coffee & Eatery, mengatakan, ia biasa mengungkep daging bebek selama dua jam. 

Namun, daging bebek yang dimasak bukan satu atau dua ekor, melainkan ribuan ekor sehingga membutuhkan waktu lama. "Saya biasa mengungkep semua bebek dua jam karena slow cook dan disesuaikan kuantitasnya," ujar Gustaff. Bila daging bebek yang diungkep tidak banyak, cukup masak sekitar 30 menit hingga bumbunya meresap.

"Kalau di bawah durasi itu, dagingnya bisa alot, masih belum maksimal meresap bumbunya," kata Gustaff saat ditemui Kompas.com di XLY Coffee & Eatery di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (29/8/2023). Menurut Gustaff, bumbu ungkep bebek bisa terdiri dari campuran rempah dan disesuaikan dengan racikan sendiri. Misalnya, kamu bisa menghaluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, lengkuas, cabai, garam, dan gula untuk mengungkep daging bebek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Lama Daging Bebek Harus Diungkep?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/04/151100475/berapa-lama-daging-bebek-harus-diungkep-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm