Tuas rem tangan Honda WR-V(Kompas.com/Donny)
Tuas rem tangan Honda WR-V(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Ini yang Terjadi Apabila Aktifkan Rem Parkir Elektronik Saat Mobil Jalan

5 September 2023 21:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat ini sudah banyak mobil yang mengunakan electronic parking brake (EPB). Selain bentuknya sederhana, penggunaan EPB membuat konsol bagian tengah jadi lebih rapih.

Selain konsol jadi lebih simpel, penggunaan EPB juga dinilai memudahkan pengemudi. Sebab dengan entuknya kecil, sistem ini diaktifkan hanya cukup dengan "mencongkel" tuas ke atas.

Bonar Pakpahan, Product Expert Hyundai Motors Indonesia, menjelaskan di Hyundai Stargazer X, jika mobil sedang jalan dalam kecepatan tertentu dan ada yang mencolek EPB maka belum tentu akan langsung bekerja.

“Intinya kalau cuma ditarik atau dicolek ya rem parkirnya tidak akan aktif, ban mobil tidak akan terkunci. Karena mobil itu kan ada komputer yang membaca kondisi ya, dia lihat mesin menyala, sedang melaju atau berhenti, ada banyak parameternya," kata Bonar di Solo, Jawa Tengah, belum lama ini.

“Misalnya mobil sedang jalan, ya. Kemudian ada yang tidak sengaja menarik tuas sekejap atau kecolek, itu kalau di atas kecepatan tertentu tidak akan aktif (selayaknya) seperti rem parkir biasa," kata Bonar.

“Sedang dalam keadaan berjalan kemudian ada yang colek tuas EPB maka tidak serta merta ban jadi terkunci dan mobil berhenti," katanya.

Tapi Bonar mengatakan, EPB juga bisa berfungsi seperti rem tangan biasa yang pakai tuas. Sebab biasanya rem tangan dipakai saat pengemudi dalam kondisi darurat butuh pengereman keras.

“Tetapi kalau dalam konteks pengereman darurat, EPB bisa dimanfaatkan untuk situasi seperti itu. Ini dalam kondisi rem kaki tidak diinjak ya," kata Bonar.

“Caranya tuasnya ditarik dan ditahan kira-kira lebih dari satu detik sampai ada suara bunyi peringatan atau buzzer," ujar dia.

“Kalau kondisi tersebut terpenuhi maka rem belakang akan mengunci. Tetapi menguncinya tidak langsung seketika, tapi secara gradual hingga mobil bisa melamban dan berhenti," kata Bonar.

“Ibaratnya kayak pakai rem tangan mekanikal, tapi konsekuensinya kalau pakai teknik itu jarak pengeremannya semakin jauh. Apalagi tanpa bantuan rem depan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini yang Terjadi Kalau Aktifkan Rem Parkir Elektronik Saat Mobil Jalan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/05/192100015/ini-yang-terjadi-kalau-aktifkan-rem-parkir-elektronik-saat-mobil-jalan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm