Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.(KOMPAS.com/Gilang)
Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Jangan Malas Untuk Rawat AC Mobil, Cek Minimal 6 Bulan Sekali

6 September 2023 18:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menjaga kondisi mobil tidak cukup dengan merawat mesin dan kaki-kaki saja. Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.

Rastomo Yudho Hermawan, Kepala Cabang Bengkel Resmi AC Denso, PT Kikijaya Airconindo di Radio Dalam, Jakarta Selatan, mengatakan, sayangnya saat ini masyarakat belum teredukasi untuk melakukan perawatan rutin AC.

Yudho mengatakan, perawatan AC biasanya cuma dilakukan saat servis berkala di bengkel resmi. Kemudian di luar itu, mayoritas pemilik baru datang ke bengkel ketika sudah menemukan permasalahan pada AC.

"Kami sarankan kepada pelanggan untuk melakukan pengecekan per enam bulan. Itu arahan dari Denso sang pembuat," kepada Yudho kepada Kompas.com, Selasa (5/9/2023).

Yudho mengatakan, sebagai pembuat AC menu servis AC di Denso dan bengkel resmi mungkin berbeda. Pengecekan AC di Denso memiliki kelipatan per 10.000 km, per 20.000 km, dan per 40.000 km untuk memastikan kinerja AC tetap baik.

"Selama ini kan pelanggan datang ke diler resmi, namun di diler resmi menu servisnya sedikit berbeda dengan Denso. Karena tadi kalau AC tidak dingin baru datang ke bengkel," kata Yudho.

"Tapi enam bulan paling tidak ganti filter kabin per 10.000 km, per tahun fan sama oli diganti biar sirkulasi lancar bagus terus, 40.000 diganti evaporator biar tidak bau. Kalau ikutin itu saja tidak ada alasan AC tidak dingin atau AC bau," katanya.

Yudho mengatakan, sebagai Original Equipment Manufacturer (OEM) AC di beberapa merek mobil Jepang di Indonesia, beberapa mekanik Denso juga ditempatkan di bengkel resmi.

"Kami juga dipercaya APM mengisi posisi teknisi di diler, di Auto200, Honda, ada dari Denso ya," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Malas Rawat AC Mobil, Cek Minimal 6 Bulan Sekali", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/06/084200615/jangan-malas-rawat-ac-mobil-cek-minimal-6-bulan-sekali.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm