Ilustrasi mobil listrik merek Hyundai yang dipamerkan(Dokumentasi Tim Komunikasi Lifepal)
Ilustrasi mobil listrik merek Hyundai yang dipamerkan(Dokumentasi Tim Komunikasi Lifepal) ( KOMPAS.COM)

Kebiasaan Pakai Mobil Listrik di Indonesia Sudah Mulai Terbentuk

6 September 2023 19:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Franciscus Soerjopranoto menyebut bahwa kebiasaan menggunakan mobil listrik sebagai transportasi harian saat ini sudah mulai terbentuk di masyarakat Indonesia.

Kondisi tersebut, tercermin dari kebiasaan para pengguna dalam mengisi daya kendaraan yang semakin terukur dan terstruktur. Sehingga tidak lagi menjadi persoalan besar seperti dikhawatirkan pada awal pengenalan mobil ramah lingkungan ini.

"Konsumen sudah pandai untuk menghitung. Jadi dulu ada kendala misalnya 'oh ini takut gak bisa ngisi dan lain sebagainya'. Mereka sekarang (pengguna mobil listrik) sudah dapat berhitung antara jarak tempuh kendaraan dengan tempat charging station," kata Frans saat ditemui di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

"Umumnya, waktu terfavorit untuk mereka mengisi daya adalah di rumah. Sebab pada saat itu mereka istirahat, seperti handphone saja," tambahnya.

Sementara pada aktivitas sehari-hari, biasanya para pengguna mobil listrik cuma tambah daya saja ketika memungkinkan. Seperti ketika makan siang di pusat perbelanjaan, ternyata ada charging station, mereka akan memanfaatkannya.

Oleh karenanya kapasitas charging station di fasilitas umum atau dikenal Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sangat besar yaitu antara 20 kW sampai 50 kW (fast charging atau ultrafast charging).

"Jadi sekaligus, sembari beristirahat mereka menyempatkan diri untuk isi," kata Frans lagi.

Sementara itu, Head of Marketing HMID Astrid A Wijaya menambahkan faktor lainnya para pemilik atau pengguna mobil listrik lebih sering melakukan pengisian daya di rumah karena memang lebih optimal dan terasa lebih aman.

"Para pemilik mobil Hyundai juga ketika melakukan pembelian akan dapat chargingnya di rumah. Jadi memang untuk keseharian actually rumah adalah tempat charging station yang paling sempurna buat konsumen," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebiasaan Pakai Mobil Listrik di Indonesia Sudah Terbentuk", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/06/094200815/kebiasaan-pakai-mobil-listrik-di-indonesia-sudah-terbentuk.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm