Pengharum mobil berupa botol kayu yang digantng di spion tengah(autowise.com)
Pengharum mobil berupa botol kayu yang digantng di spion tengah(autowise.com) ( KOMPAS.COM)

Menggunakan Pafrum Mobil Justru Penyebab Utama AC Jadi Bau, Kok Bisa?

6 September 2023 21:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan AC mobil bau adalah momok buat pengemudi mobil. AC berbau bikin mual dan udara di kabin jadi tidak sehat buat semua yang berada di dalam baik pengemudi atau penumpang.

Rastomo Yudho Hermawan, Kepala Cabang Bengkel Resmi AC Denso, PT Kikijaya Airconindo di Radio Dalam, Jakarta Selatan, mengatakan, AC berbau karena disebabkan ada lumut atau lendir di evaporator.

Yudho mengatakan, lumut atau lendir yang menyumbat evaporator tersebut mayoritas terjadi karena pemilik mobil sering memakai pengharum ruangan berbentuk cairan atau gel.

"AC bau indikasi paling banyak ialah karena pemilik mobil pakai pengharum ruangan berbentuk gel dan cairan," kata Yudho kepada Kompas.com, di Jakarta, Selasa (5/9/2023).

"Pengunaan pengharum seperti itu secara tidak langsung itu terjadi proses kimiawi yang membuat terbentuknya gel atau lumut evaporator yang menghalami embusan angin," katanya.

Yudho yakin bahwa salah satu penyebab utama AC berbau karena lumut dan gel di evaporator disebabkan pemakaian pengharum ruangan, bukan karena kabin kotor banyak debu atau ada sisa makanan.

"Tidak. Itu paling banyak ialah proses kimiawi, kalau cuma debu bisa dibersihkan tapi kalau sudah gel itu kadang bikin korosi. Karena itu lembab dan logam, panas lembab, dingin jadinya korosif dan bocor," katanya.

Pria yang memulai karier di Toyota Indonesia itu mengatakan, pihaknya sudah sering memberikan edukasi ke pelanggan untuk berhenti menggunakan pengharum ruangan berjenis itu.

"Kalau pakai itu (pengharum) dibuang saja. Kita sebetulnya tidak pernah tahu, misal kita parkir di bawah terik matahari di kabin panas ada proses kimia di mana cairan itu menguap yang kita tidak tahu akan menempel di mana," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pakai Pafrum Mobil Justru Penyebab Utama AC Jadi Bau, Kok Bisa?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/06/164100115/pakai-pafrum-mobil-justru-penyebab-utama-ac-jadi-bau-kok-bisa-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm